“Kita gak usah panik, apalagi sampai berlebihan. Gak perlu borong masker. Gak perlu belanja banyak bahan kebutuhan pokok di pasar, di mall mall. Terpenting jaga kesehatan dan kebersihan tubuh kita. Jaga pola makan bergizi, sayur dan buah-buahan serta olahraga yang cukup. Insha Allah virus corona tidak akan menghampiri kita,” tutur Dokter H Edy Sugiarto, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon.

Penegasan kadinkes ini disampaikan di depan Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon H. Irawan Wahyono, S.Pd., MM beserta jajarannya. Para kepala sekolah PAUD, TK, SD dan SMP negeri dan swasta juga hadir di aula Disdik setempat, Senin 9 Maret kemarin. Sosialisasi tentang virus Corona tersebut dilakukan dua sesi, pagi jam 10 dan siang jam 13.00.

Kadisdik Irawan Wahyono mengatakan, sosialisasi pihaknya kepada para kepala sekolah atas ijin walikota dan wakil walikota. Setelah melakukan rakor di balaikota pekan lalu. Diperkuat dengan arahan protokol kantor staf kepresidenan terhadap pencegahan virus corona. Disebutkan agar Disdik melakukan koordinasi dengan Dinkes setempat dalam menghadapi covid-19.

“Atas ijin walikota para kepala sekolah dihadirkan untuk mendapatkan informasi yang benar tentang covid-19, virus corona. Karena sekolah punya peran strategis dalam mengedukasi peserta didik dan orang tuanya. Sesuai arahan walikota, bapak ibu siswa dan orang tua tak boleh panik menyikapi virus corona. Gak usah lebay sampai borong-borong masker dan lainnya. Terpenting jaga kesehatan tubuh kita, lingkungan dan makanan bergizi serta berolahraga,” ungkap kadisdik di depan para kepala sekolah.

Dokter Edy Sugiarto menegaskan, virus Corona relatif sulit menyebar di Kota Cirebon. Pasalnya virus ini biasa berkembang di daerah dingin. Sementara kota ini suhu udaranya cukup panas di atas rata-rata 27 derajat celcius. Sebelum virus ini berkembang, ia akan mati lebih dulu. Kedua, virus ini menular dari pasien yang kontak langsung dalam pergaulan. Ketiga, dalam setiap diri manusia memiliki kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

“Walau virusnya ganas, jika tubuh kitanya kuat, menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan. Olahraga dan makanan bergizi, insha Allah kita aman dari virus Corona. Apalagi bagi seorang muslim yang biasa berwudhu, biasa pola hidup sehat. Virus ini lebih berkembang di daerah dingin seperti daerah epidemi awalnya di Wuhan Cina,” tutur Kepala Dinkes dalam menjelaskan secara rinci karakter virus Corona, pola perkembangan dan cara mengantisipasinya di depan para kepala sekolah TK, PAUD, SD dan SMP se- Kota Cirebon. (PaDE).

SOAL VIRUS CORONA, SEKOLAH JANGAN PANIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram