Komunitas Gelemaca kembali dipercaya oleh Cirebon Power untuk mengelola taman bacaan. Setelah berhasil membina TBA Pesisir, kali ini Komunitas Literasi Masyarakat Cirebon Kota itu akan menggarap TBM di Taman Cirebon Power yang berlokasi di Astanajapura Kabupaten Cirebon. Hal tersebut ditandai dengan dilakukannya MoU antara Presiden Direktur Cirebon Power, Hisahiro Takeuchi dengan Lilik Agus Darmawan, S.Pd, MM selaku Ketua Gelemaca pada Selasa, 27 Agustus 2019.

Secara resmi, penandatanganan kerjasama nota kesepahaman (Memorandum of Understanding – MoU) ketiga belah pihak dilakukan di Taman Cirebon Power Desa Kanci Kulon Kab. Cirebon, Selasa (27/8). Hadir dari pihak Gelemaca adalah ketuanya Lilik Agus Darmawan, Presiden Direktur PT Cirebon Power Hisahiro Takeuchi dan Executive Vice President Korea Midland Power Co.Ltd (KOMIPO) Kim Hobin.

“Kami merasa bangga kembali dipercaya untuk membina Taman Bacaan Masyarakat (TBM) oleh PT Cirebon Power. Setelah kami sukses pembinaan TBA di Desa Bandengan. Kami sampaikan terima kasih kepada pihak Cirebon Power dan KOMIPO,” tutur ketua Komunitas Gelemaca Lilik Agus Darmawan, S.Pd,. MM. Pihaknya meyakini, kehadiran perpustakaan akan menumbuhkan budaya literasi masyarakat sekitar.

Hadir dalam acara MoU tersebut jajaran petinggi PT Cirebon Power, KOMIPO, dan komunitas Gelemaca. Udangan lain adalah Camat Astanajapura, pihak Polsek dan Koramil, Kepala Desa Kanci Kulon dan BUMDes, serta undangan lainnya. Dalam kesempatan itu, selain peletakan batu pertama gedung perpustakaan, program CSR PT Cirebon Power juga membangun sarana olahraga di lokasi yang sama.

Executive Vice President KOMIPO Kim Hobin mengatakan, secara umum program ini bagian dari strategi komunikasi dan kepedulian, untuk membangun dan mengembangkan kemajuan masyarakat di sekitar lokasi. Menurutnya pihaknya akan berusaha untuk membantu masyarakat menjadi lebih baik dan maju pesat.

Wakil Direktur Utama Cirebon Power, Joseph Pangalila mengatakan dibangunnya Taman Cirebon karena di Kabupaten Cirebon belum ada ruang terbuka hijau yang sangat representatif. Taman Cirebon Power yang lokasinya berada di jalur utama yang kerap dilalui kendaraan lintas kota dan provinsi.

“Dengan ditambahkannya fasilitas seperti perpustakaan, fasilitas olahraga, dan pusat kegiatan masyarakat, maka bisa dijadikan sebagai aktivitas masyarakat sekitar maupun yang kebetulan lewat. Selain itu, juga akan diadakan penghijauan dengan ditanami berbagai macam pohon, tentu kita jadikan tempat berekreasi dan olahraga untuk keluarga maupun masyarakat sekitar,” paparnya diacara dengan pengantar dua bahasa Inggris dan Indonesia tersebut.

Usai penandatangan MoU, para perusahaan listrik Korea tersebut melakukan peletakan batu pertama. Sekitar 50 meter dari lokasi acara seremonial. Dilanjutkan sesi jumpa pers dengan para wartawan lokal dan nasional. Diujung acara, para pegiat literasi Gelemaca dan para relawan TBA literasi pesisir ikut sesi foto bersama dengan para pengusaha asing tersebut. (Listy/PaDE).

GELEMACA TEKEN MoU LITERASI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram