Puncak acara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 di Dinas Pendidikan Kota Cirebon berlangsung meriah. Dari banyak kegiatan, lomba dan penampilan, ada kegiatan literasi yang ikut menyemarakan. Komunitas Gelemaca membuka stand pameran karya literasi siswa dan guru serta program-program literasi. Walikota Cirebon Drs H Nasrudin Azis, SH secara resmi meresmikan Teras Baca Dinas Pendidikan setempat, Jumat (23/8).

Hadir ikut mendampingi walikota adalah Sekretaris Daerah Kota Cirebon H Anwar Sanusi, S.Pd., M.Si, Plt Kadisdik Odik, S.Pd., M.Pd, Ketua Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Kota Cirebon Merry Paulina Saimima Odik, M.Pd dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Dengan mengucapkan bismillah, walikota mengguting pita bunga melati Teras Baca. Kemudian melakukan kunjungam ke sejumlah titik lokasi sampai akhirnya menikmati bazar kuliner makanan khas Cirebon.

Fasilitas Teras Baca digagas oleh ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan dinas setempat. Tujuannya ingin mendukung program gerakan literasi sekolah. Selain itu membiasakan warga dinas khususnya, dan tamu dinas pada umumnya saat menunggu waktu untuk membaca. Peresmian Teras Baca oleh Walikota Cirebon dilakukan bersamaan dengan kegiatan hari puncak HUT RI. Kegiatan lainnya seperti lomba-lomba, pameran, bazar dan penampilan.

Dalam kesempatan itu, ikut serta stand pameran dari komunitas Gelemaca. Di stand seluas 3 x 2 meter tersebut, para pegiat literasi menata stand dengan unik. Buku-buku karya guru dan siswa Cirebon dipajang di atas ranting pohon. Bagaikan pohon literasi yang selama ini dipakai dalam pembelajaran. Para pengunjung ke stand tak lupa diberikan tantangan menarik oleh petugas stand. Mereka yang bisa jawab diberikan hadiah buku dan pin Gelemaca.

Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH menyempatkan melihat stand yang digagas oleh guru-guru penulis. Setelah mengisi buku tamu, Walikota, Sekda dan Plt Kadisdik mendapatkan penyematan pin dari Kapten Literasi. Dalam kesempatan itu, seorang pegiat literasi menyampaikan program pelatihan menulis buku gratis bagi para pejabat di lingkungan Pemda Kota Cirebon yang bercita-cita menulis buku. (PaDE)

WALIKOTA RESMIKAN TERAS BACA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram