Mulai akhir Agustus ini wajah Dinas Pendidikan Kota Cirebon bakal tampak beda. Ada suasana baru yang hadir di teras dinas ini, tepatnya di teras Bidang Pendidikan Dasar. Pengurus Dharma Wanita Persatuan dinas setempat, menggagas Teras Baca dalam mendukung program literasi di lingkungan pendidikan Kota Cirebon. Fasilitas publik ini diperuntukan bagi para tamu atau masyarakat yang berkunjung ke dinas.

“Teras Baca ini merupakan ide besar temen-temen pengurus Dharma Wanita. Tujuannya untuk menumbuhkan budaya literasi di tengah masyarakat. Sekaligus mendukung program gerakan literasi di Kota Cirebon. Fasilitas ini disiapkan bagi masyarakat yang bertamu atau berkunjung ke dinas,” tutur Ketua Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Kota Cirebon Merry Paulina Saimima Odik, M.Pd yang dibenarkan oleh salah satu pengurus Hj Iis Nur’aeni, M.Pd secara terpisah.

Merry, yang juga kandidat doktor (S3) pendidikan di UPI Bandung ini mengaku Teras Baca merupakan program jangka panjang pihaknya bekerja sama dengan Disdik. Secara resmi, Teras Baca akan diresmikan oleh Bunda Literasi yang juga Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati pada Jumat esok. Bersamaan dengan puncak acara Tasyakuran HUT RI ke-74 tahun di Dinas Pendidikan Kota Cirebon pada Jumat-Sabtu besok. Puncak acara akan dibuka oleh Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis, SH.

Selain peresmian Teras Baca, puncak peringatan HUT RI di Disdik juga dimeriahkan acara lain. Seperti lomba-lomba, pameran, bazar, kuliner khas Cirebon, santunan anak yatim, serta berbagai kreasi seni dan musik anak-anak terbaik di Kota Cirebon. Salah satu stand pameran adalah dari komunitas literasi Gelemaca. Komunitas yang rajin menggerakan literasi di sekolah-sekolah.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Odik, S.Pd., M.Pd mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung program literasi di Kota Cirebon. Pihaknya akan melanjutkan program literasi yang selama ini sudah berjalan. Untuk kesuksesan program, pihaknya berharap perlunya sinergisitas, kebersamaan dan kekeluargaan. Termasuk bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta bersama komunitas lain seperti Gelemaca. (PaDE).

DISDIK HADIRKAN TERAS BACA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram