Dinas Pendidikan bakal bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Cirebon. Sinyalemen ini disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Odik, S.Pd., M.Pd. Pihaknya akan mengarahkan sekolah-sekolah di wilayah kerjanya untuk berkunjung ke Perpustakaan 400. Langkah tersebut untuk menumbuhkan budaya literasi kepada peserta didik selain mengenalkan kepada anak-anak Perpustakaan 400 yang sudah lama ada.

Pernyataan Plt Kadisdik pernah disampaikan paling tidak di dua momen kegiatan. Pertama saat sambutan sebagai Plt Kadisdik dalam acara serah terima jabatan belum lama ini. Momen kedua pernyataan serupa disampaikan dalam sambutan tanpa teks di depan guru-guru peserta workshop literasi di Hotel Cordela Kota Cirebon pekan lalu. Bahkan dalam kesempatan itu Plt Kadisdik meminta bantuan Komunitas Literasi Gelemaca untuk membantu membuat jadwal kunjungan sekolah-sekolah ke Perpustakaan 400.

“Alhamdulillah di Kota Cirebon ternyata guru-gurunya masih haus akan ilmu. Terkihat kegiatan sekarang 150 guru semu hadir. Saya yakin dengan wajah-wajah literasi Kota Cirebon mampu mengembanhkam literasi lain. Harap bisa bekerja lintas sektoral, contohnya bermitra bagaimana meningkatkan minat membaca. Misalnya sekolah-sekolah melakukan kunjungan ke Peprustakaan 400. Saya berharap ada kunjungan tiap hari ke perpus. Tolong dijadwalkan,” pinta Plt Kadisdi

Pihaknya berharap ke depan literasi bukan hanya dalam konteks membaca buku. Tetapi bisa dikembangkan literasi-literasi lain. Dalam pengembannya perlu lintas sektoral. Pihaknya tidak menghendaki ada siswa kelas bawah SD tidak bisa membaca dan menulis. Kegiatan workshop literasi guru-guru bisa menyerap materi yang disampaikan oleh narasumber. Hadir sebagai pemateri adalah Idris Apandi dari LPMP Jawa Barat dan Sri Hendarwati, kepala sekolah SD di Bandung, yang juara guru berprestasi tingkat nasional. (PaDE)

SEKOLAH DIJADWALKAN KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN 400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram