Cirebon – Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Odik, S.Pd, M.Pd menyiapkan jajaran pegiat literasi untuk mengembangkan minat baca di Kota Cirebon. Hal itu menjadi salah satu kalimat yang tersemat dalam sambutannya tatkala membuka kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk workshop literasi yang diselenggarakan di hotel cordela pada hari kamis, 8 agustus 2019.

“Kedepan bukan hanya literasi dalam konteks membaca buku, tetapi dikembangkan pada literasi yang lainnya”, ungkap sekdisdik yang memangku jabatan pltm kadisdik itu. Pihaknya juga berharap literasi ini bisa lintas sektoral seperti penugasan gelemaca untuk meningkatkan minat baca. “Jangan sampai anak kelas 1, 2, 3 tidak bisa membaca”, harapnya. Tugas mulia itu disambut oleh tim gelemaca yang pada saat itu bertugas menjadi panitia kegiatan dengan kesiapan  untuk menggeliatkan literasi setiap saat di Kota Cirebon khususnya dilingkungan pendidikan.

Diakhir sambutannya Odik, M.Pd mengajak seluruh jajaran dinas pendidikan untuk membangun kebersamaan, kekeluargaan, sinergi dan budaya syukur. Dia juga menginginkan agar kegiatan ini out put nya 100 % berhasil diserap oleh 150 peserta yang hadir.

Kasi PTK PAUD-PNF Bidang Pembinaan Ketenagaan, H. Ahmad Syafei, S.I.P, M.Si melaporkan kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama 2 hari mulai tanggal 8 s.d 9 agustus 2019. “Bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2019, pada hari pertama kegiatan ini diisi dengan materi oleh 2 orang narasumber yang sangan kompeten dibidang literasi dan pionir dalam pembuatan best practice. Dihari kedua peserta akan praktek membuat best practice  dipandu oleh pegiat literasi gelemaca”, lapornya.

Info dari Tim Gelemaca, peserta workshop literasi tingkat Kota Cirebon ini, selain mendapatkan materi dari narasumber terkait dengan seluk beluk penulisan best practice, juga akan dibekali beberapa kemampuan lainnya. Sebut saja mereka akan dibekali dengan pengetahuan tentang teknik membaca, administrasi tantangan membaca CLRC 4, teknik review dan teknik pengiriman review. Yang menarik dalam teknik pengiriman review ini akan dilakukan secara online. Dengan kata lain peserta diajak untuk bisa dan terbiasa dengan perubahan paradigma pembelajaran di abad 21 yang dikenal sebagai pembelajaran di era revolusi industri 4.0 (Lisy).

LITERASI MENGGELIAT SETIAP SAAT DIKOTA CIREBON

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram