Peserta didik asal Kota Cirebon berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional tahun 2019 jenjang SD. Vincent Kristian Waluyo siswa SDK Plus Penabur Kota Cirebon merupakan 1 dari 5 peraih medali emas di bidang Matematika dalam perhelatan yang berlangsung di The Rich Hotel, Jogjakarta. Vincent berkontribusi dalam perolehan emas untuk Provinsi Jawa Barat dan mendongkrak posisinya di peringkat 4 nasional. Tahun ini Jabar memperoleh total 6 medali untuk jenjang SD: 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Tahun sebelumnya, Jabar berada di posisi 5 yang hanya memeroleh 4 medali.

Vincent Kristian Waluyo

Selain Vincent, ada Raphael Eaghan Angkawijaya siswa SDK Penabur yang berhasil meraih medali perunggu di bidang yang sama, Matematika. OSN yang dimulai dari tanggal 30 Juni s.d. 6 Juli 2019. Selain Matematika, juga ada bidang IPA yang turut dilombakan. Namun untuk bidang yang satu ini, Jabar hanya memperoleh 1 perak dan 1 perunggu.

Selain jenjang SD, masih di kota Jogjakarta-tepatnya di Hotel Alana. Berlangsung OSN untuk jenjang SMP. Di ajang ini, Kristian Valerio Sugianto, siswa SMP Santa Maria Kota Cirebon, memeroleh medali perak untuk bidang IPA. Lalu, ada Rayhan Satrio Adi Nurdjaman siswa SMP Islam Al-Azhar 5 Cirebon, meraih medali perunggu untuk bidang IPA. Terakhir, Carmelia Carina Halim siswa SMPK 1 BPK Penabur Kota Cirebon meraih medali perunggu untuk bidang IPS. Untuk tingkat SMP, Provinsi Jabar meraih posisi ketiga.

Kejadian Unik di OSN SMA

Ada hal unik terjadi di perhelatan OSN tahun ini di jenjang SMA. OSN SMA yang berlangsung di Manado, Sulawesi Utara, menempatkan provinsi Jabar di peringkat 2 setelah meraih 7 emas, 9 perak, dan 13 perunggu. Tapi bukan itu yang membuat menarik. Siswa SMPK Penabur Cirebon, Sandy Kristian Waluyo (Kakak kandung Vincent Kristian Waluyo) meraih medali perunggu di bidang Matematika. Padahal Sandy masih duduk di bangku SMP. (KS-AR)

Sandy Kristian Waluyo

Berikut peserta dari Dinas Pendidikan Kota Cirebon yang mewakili Provinsi Jawa Barat:
1. Vincent Kristian Waluyo (SDK Plus Penabur-Matematika SD) mendapat medali Emas

2. Raphael Eaghan Angkawijaya (SDK Penabur-Matematika SD) mendapat medali Perunggu

3. Kristian Valerio Sugianto (SMP Santa Maria-IPA SMP) mendapat medali Perak

4. Rayhan Satrio Adi Nurdjaman (SMP Islam Al-Azhar 5 Cirebon-IPA SMP) mendapat medali Perunggu

5. Carmelia Carina Halim (SMPK 1 BPK Penabur-IPS SMP) mendapat medali Perunggu

6. Sandy Kristian Waluyo (SMPK Penabur-Matematika SMA) mendapat medali Perunggu

7. Ratu Kiren Revanka Jiliasera (SDN Kebon Baru IV- Matematika SD)

sumber: ditpsd kemdikbud, Disdik Provinsi Jabar, Panitia OSN 2019

Raih Medali Emas di Ajang OSN 2019
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram