CIREBON – Kartino, M.Pd., guru mata pelajaran Bahasa Inggris SMPN 2 Kota Cirebon meraih juara III Guru Berprestasi Tingkat Propinsi Jawa Barat Tahun 2019. Gelar itu diraihnya usai menyisihkan peserta dari Kab/Kota se Propinsi Jawa Barat pada Rabu s.d. Sabtu tanggal 19 s.d. 22 Juni 2019.

Seleksi yang bertempat di Hotel The Radiant Kabupaten Bandung itu melalui beberapa tahapan diantaranya penilaian portofolio, penilaian kinerja guru dan video pembelajaran, tes tulis, laporan penelitian dan artikel ilmiah, paparan artikel ilmiah dan tanya jawab serta keteladanan dan akhlak mulia.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd langsung memberikan ucapan selamat atas prestasi yang diraih oleh Kartino tersebut. “Selamat kepada Pak Kartino, M.Pd yang telah masuk jajaran Juara pada Lomba Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019. Dengan Prestasi ini semoga dapat memberikan motivasi untuk terus berkarya dan berprestasi mendidik anak bangsa dimasa-masa selanjutnya”, ungkap Kadisdik.

Dia juga mengucapkan   terima kasih atas perjuangan dua guru lainnya yaitu Adi Pratama, S.Pd yang mewakili Kota Cirebon di Jenjang SD, dan Rahmi Zulhida, S.Pd, AUD perwakilan dari jenjang TK. Kadisdik berharap bahwa prestasi yang telah diraih tersebut dapat menjadi motivasi lebih baik bagi Kartino dan guru-guru lainnya di Kota Cirebon. Dia mengajak semua guru untuk selalu meningkatkan kompetensi untuk bersama-sama mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan.

Salah satu video pembelajaran yang disampaikan Kartino pada lombe tersebut adalah video tentang media pembelajaran baru hasil karyanya sendiri. Media pembelajaran itu diberinya nama Mega Mendung yang merupakan akronim dari meniru gaya menebak tudung. Media pembelajaran Mega Mendung itu terbuat dari jaring, yang dibungkus dengan kain batik khas Cirebon. Berbentuk 8 sudut, Mega Mendung itu digunakannya sebagai media pembalajaran yang diharapkannya dengan itu suasana pembelajaran lebih menarik dan peserta didik dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris di kelasnya. Mendapat ucapan selamat dari rekan-rekannya Kartino merasa bersyukur atas prestasi yang diraihnya itu, “Alhamdulillah, mohon maaf hanya bisa dapat Juara III pada Gurpres SMP Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019”, ungkapnya.

Sikap yang sangat rendah hati itu menjadi sifat yang selalu ditampilkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menjadikan Kartino yang juga dikenal sebagai Kapten Literasi, sangat dicintai oleh sahabat, rekan dan anak didiknya. (Lisy)

KARTINO RAIH JUARA III GURU SMP BERPRESTASI TINGKAT JAWA BARAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram