Penerimaan Peserta Didik Baru di Kota Cirebon akan dimulai pada bulan Mei 2019. Hal ini terungkap pada Sosialisasi Peraturan Wali Kota Cirebon Nomor 13 Tahun 2019 yang menjadi payung hukum atas pelaksanaan PPDB di Kota Cirebon. Sosialisasi itu dilaksanakan secara bertahap mulai 8 Mei 2019 lalu yang dihadiri oleh Kepala Disdukcapil, Camat Kejaksan, Perwakilan Kecamatan dan Kelurahan se Kota Cirebon. Diharapkan kepada Pihak kecamatan dan kelurahan ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat Kota Cirebon terkait dengan PPDB. Apalagi pada PPDB tahun ini mensyaratkan dilegalisirnya akta lahir calon peserta didik oleh Kepala Disdukcapil Kota Cirebon.

Hari ini 10 Mei 2019 sosialisasi kembali dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan. Kali ini disampaikan kepada para Kepala SD dan SMP negeri/swasta se Kota Cirebon termasuk dari Kantor Kemenag. Selain penjelasan terkait kebijakan PPDB yang terdapat dalam Perwal 13/2019 disampaikan juga terkait teknis PPDB Online oleh pihak ketiga yang menyediakan jasa aplikasi.

Kadisdik, Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd dinilai sangat pro aktif dalam mempersiapkan PPDB Tahun 2019 ini. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kepolisian Resort Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy, SH, S.Ik, M.Pict, M.Iss.

“Apresiasi yang sangat tinggi kita sampaikan kepada kepala dinas pendidikan yang sudah sangat proaktif dan serius dalam menyikapi pelaksanaan PPDB tahun 2019 ini. Kami dari Kepolisian sangat mendukung apa yang menjadi kebijakan Pemerintah Daerah Kota Cirebon. PPDB Online merupakan salah satu bentuk pelayanan SAS atau software as services yang merupakan pelayanan dalam bentuk software. Palayanan semacam ini memberikan keuntungan yang sangat baik diantaranya dapat mencegah potensi korupsi, kolusi dan nepotisme. Saya berharap kedepan semua sekolah berkualitas baik”, ungkapnya.

Plt. Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, M. Nurdin, S.Pd, MM menjelaskan terkait dengan jadwal pelaksanaan PPDB baik untuk SD maupun SMP. Menurutnya ada beberapa perbedaan terkait dengan jadwal pelaksanaan PPDB tahun 2019. Menurutnya tahapan pelaksanaan PPDB Tahun 2019 akan dimulai dengan pengumuman pendaftaran pada tanggal 1 s.d. 19 Mei. Dilanjutkan dengan tahap pendaftaran, seleksi dan verifikasi data untuk SD dimulai pada tanggal 20 s.d. 29 Mei yang akan diumumkan pada tanggal 10 s.d. 15 Juni 2019. Untuk SD PPDB dilaksanakan secara luring/offline, bagi peserta yang lulus seleksi untuk melakukan daftar ulang pada tanggal 117 s.d. 22 Juni 2019.

Sementara untuk SMP jalur prestasi, perpindahan orang tua dan anak guru, pendaftaran dan seleksi akan dilaksanakan secara online/daring dimulai pada tanggal 15 s.d. 18 Mei 2019. Dilanjutkan dengan tahap verifikasi yang dilakukan pada sekolah tujuan mulai pukul 08.00 s.d. 14.00 sampai tanggal 31 Mei 2019. Adapun pengumumanakan diterbitkan pada tanggal 22 Mei 2019 dan bagi yang lulus seleksi daftar ulang dimulai pada tanggal 17 s.d. 22 Juni 2019.

Berbeda untuk jalur zonasi baik zonasi murni, zonasi gakin dan zonasi luar kota waktu pendaftarannya mulai tanggal 20 s.d. 30 Mei 2019. Verifikasi data pada sekolah tujuan yang akan melayani setiap hari mulai pukul 08.00 s.d. 14.00 WIB. Pengumuman seleksi akan disampaikan pada tanggal 20 Juni 2019 yang diikuti dengan daftar ulang pada tanggal 17 s.d. 22 Juni 2019 bagi yang lulus seleksi.

Kadisdik mengajak untuk melaksanakan PPDB Tahun 2019 sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada Peraturan Wali Kota Cireon Tahun 2019 tentang Perubahan Peraturan Wali Kota Cirebon Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan PPDB pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama atau Bentuk Lain Yang Sederajat di Kota Cirebon. Download Perwal 13 Tahun 2019 . (Lisy)

PPDB KOTA CIREBON DIMULAI PADA MEI 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram