CIREBON – Gelaran Malam Anugrah Pendidikan dalam Rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional sukses menyita perhatian dari berbagai kalangan. Tidak hanya bagi para pelaku pendidikan di Kota Cirebon, malam anugrah yang didedikasikan untuk peserta didik, guru dan masyarakat serta lembaga peduli pendidikan tersebut diapresiasi oleh dinas pendidikan kab/kota lain di Provinsi Jawa Barat.

Malam anugrah pendidikan tersebut dilaksanakan pada malam Jum’at, 2 Mei 2019 lalu itu ditempat yang sangat nyaman yakni Ballroom The Luxton Cirebon dan dihadiri oleh kurang lebih 600 orang. Hadir dalam acara tersebut Wali Kota Cirebon, Ketua DPRD Kota Cirebon, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Cirebon, Kepala Kepolisian Resort Cirebon Kota dan jajaran Forkopimda lainnya. Selain itu acara ini juga mendapat dukungan dari Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Forum OPD Kota Cirebon, tokoh dan masyarakat serta lembaga peduli pendidikan.

Menurut Kadisdik, Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd, acara tersebut ditampilkan secara berbeda dari biasanya dimana seluruh seremonial resmi seperti menyanyikan Indonesia Raya, sambutan-sambutan dan doa, termasuk penampilan-penampilan lainnya juga dikemas dalam satu rangkaian cerita yang mengalir. Tak ada ada jarak antara pemain dan penonton sehingga suasana terasa sangat akrab dan kental nuansa kekeluargaan.

Pertunjukkan drama musikal berjudul “Kita Sehati” menceritakan tentang anak-anak Kota Cirebon yang memiliki banyak talenta dan terpacu dengan adanya malam anugerah pendidikan yang disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Drs. H. Adin Imaduddin Nur.

Dari mereka ada yg rendah diri, namun setelah mendapat arahan langsung dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd ditambah motivasi dari Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, mereka terpacu untuk menampilkan yang terbaik, apalagi setelah melihat langsung kemampuan teman-teman yang lain. Maka menjelmalah menjadi sekelompok anak yang luar biasa, berlatih dengan semangat sampai akhirnya bisa tampil memukau menarikan Rampak Topeng Sanga.

Dibalik suksesnya gelaran malam anugrah pendidikan tersebut ada siswa-siswi PAUD, SD dan SMP, serta MC yang menjadi tokoh dalam drama musikal itu, yaitu Neneng Ikeu guru SDN Kanggraksan dan Elin Marlina guru SDN Sadagori. Mereka berlatih dengan sangat gigih dibawah arahan sutradara Ade Fatchullah Hisyam, S.Sn. Mereka menjalankan peran dari cerita yang naskahnya ditulis oleh Dina Tri Indiani Yusrina, S.Sn dan menyanyikan 4 lagu yang diciptakan oleh orang yang sama. Keempat lagu tersebut adalah Kita Sehati, Cirebon Sehati, Kita Pasti Bisa dan Aku Bukan Siapa-Siapa. Lagu-lagu itu diiringi oleh pemusik dari Tim MGMP Seni Budaya Kota Cirebon dibawah arahan Ecep Taryana, S.Sn selaku Music Director.

Penari berasal dari Tk kartika XIX-31 diantaranya Viana, Viola, Yasmine, Angel, Aqila, Kashi dan Ayuna. Sementara dari TK Negeri Pembina ada Alya Mughny, Nyimas Fatimah Ratu, Rinada, Almira kenza, Najwa Bagus dan Rasya.

Pemain tari kolosal yang berasal dari KB Ar Rahman diantaranya Fadhil, Rizki, Nafid, Aqilla, Tasya, Alifiya. Dari KB Umeriz ada Ryan, Ara, Fira, Haikal, Rizal, Naya dan Ica. Sementara dari TK Darul Hikam ada Tia, Almira, Hurafha, dan Aning. Dari TK Permata Bunda ada  Ayuna, Jihan, Zia, Tantika dan Khiar. Peserta didik TK Hang Tuah yang juga terlibat dalam kolosal tersebut diantaranya Marsha,  Raisya, Naila, Aila, dan Zara. Ada juga dari TK Santa Maria diantaranya Ivander, Ferdinan,  Gavin, Davin dan Michael.

Penari kolosal yang berasal dari SDN Sadagori diantaranya adalah Cinta Maura, Qiara dan  Hany. Mohamad Ihsan siswa SD Smart Auladi yang merupakan putra Kadisdik itu bermain pantomim dan menyanyikan sebait lagu. Dan yang mewakili dari SDN Kanggraksan adalah Yana Olivia dan Eva Nur Syifa. Dari SDN Kebon Baru 7 adalah Sheren sedangkan dari SD Islam Al Azhar ada Rahma. Yang mewakili SDN Rinjani diantaranya Ayu Sekar, Putri Yulina, Syeril dan Naya. Sementara itu Anky, Aesha dan Syafira menjadi perwakilan SDN Karya Mulya 1.

Pendukung tari kolosal yang berasal dari SMP diantaranya Maryam Faradhilah, Indra Hermansyah dan Kent Raditya (SMPN 15). Charlize Aida, Keisya Alifa, Nadira Haura Faza, dan Anggara (SMPN 5). Perwakilan SMPN 6 ada Alda Afrianty, Hasna Auliannisa, Agym,  Bintang dan Ismi. Dari SMPN 1 ada Clarissa dan Ilham, sementara dari SMPN 4 adalah Meisa Azahra. Fahdzah Amalia mewakili SMPN 8 Kota Cirebon.

Drs. H. Adin Imaduddun Nur merasa bangga dengan suksesnya pertunjukan di malam anugrah pendidikan. “Sekolah itu adalah lab untuk berlatih berbuat, seperti mengekspresikan olah pikir, olah rasa dan olah raga. Pada saat sekolahlah waktunya dan disekolahlah tempatnya. Selamat dan terima kasih atas kerja kerasnya berlatih sehingga malam anugrah pendidikan ini dapat terselenggara dengan sukses”, ungkap Sekdisdik itu. (Lisy)

DIBALIK SUKSESNYA GELARAN MALAM ANUGRAH PENDIDIKAN 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram