Gerakan literasi di Kota Cirebon kian merekah. Setelah sukses menyebatkan virus literasi di lingkungan siswa SD dan SMP, kini merambah ke guru-guru TK dan PAUD di kota ini. Guru-guru pendidikan non formal ini menjadi bagian penting dalam pengenalan litetasi di usia dini. Pengenalan literasi disampaikan pegiat literasi komunitas Gelemaca dalam kegiatan Workshop Pengembangan Literasi bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan TK PAUD di Hotel Cordela, Jumat-Sabtu (3-4/5).

Workshop yang diikuti 200 guru tersebut dilaksanakan oleh Bidang Ketenagaan Seksi PTK PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kota Cirebon. Acara tersebut satu rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kota Cirebon. Pemateri dari dalam dan luar kota Cirebon, diantaranya adalah para pegiat literasi komunitas Gelemaca. Pembicara utama yaitu Dr Hj Yeti Mulyati, M.Pd, dosen sekolah pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Suharti, M.Pd, kepala TK Laa Tahzan Kab Bandung, tengah menyelesaikan program doktoralnya. Sedangkan Sujatma, S.Pd adalah kepala sekolah TK Rowdlotul Muntaha Kota Cirebon.

Yeti Mulyati menyampaikan materi tentang kiat mengembangan ketrampilan menulis bagi guru PAUD. Suharti bicara tentang model, teknik dan motivasi pengembangan pra literasi bagi guru PAUD. Sementara Sujatma membahas perihal membuat media yang tepat untuk kegiatan pra literasi bagi guru PAUD. Pada sesi Adi Pratama dan Kartino, menyampaikan tentang menulis bahan ajar dan pemilihan buku yang tepat sesuai usia TK/PAUD. Sementara rencana tindak lanjut peserta disampaikan secara berbeda kelas dan beda narsum, Andhi Rachman dan Rokhmah.

Pada hari pertama workshop, peserta dibuat satu ruangan di lantai IV hotel. Baru pada hari kedua peserta dipisah antara guru TK dan guru PAUD. Pemateri pun dijadwal ganda silih berganti. Materi di hari kedua lebih banyak praktek pembelajaran. Satu diantaranya membuat media pembelajaran, termasuk cara sederhana membuat big book. Materi RTK (rencana tindak lanjut), yang disampaikan Komunitas Gelemaca Andhi Rachman dan Rokhmah, menugaskan peserta tentang perencanaan membuat bahan ajar dan big book berisi cerita anak. Semua peserta akan dibuat WA Grup untuk dibimbing oleh para mentor dari tim Gelemaca. (PaDE)

LITERASI MERAMBAH GURU TK DAN PAUD

2 gagasan untuk “LITERASI MERAMBAH GURU TK DAN PAUD

  • 7 Mei 2019 pukul 9:36 pm
    Permalink

    Assalamu’alaikum wrwb.
    Mohon maaf admin disdik Kota Cirebon untuk ibu Suharti, M. Pd selaku Kepala Sekolah Laa Tahzan Islamic School Cirebon. Mohon dikoreksi sepertinya dari berita yg direalese kab bandung.. Semoga bisa segera dikoreksi bukan di kab bandung tapi cirebon. Terimakasih
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

    Balas
    • 10 Mei 2019 pukul 1:23 pm
      Permalink

      Berita terkait apa ibu? bisa kah share link berita yang dirilis oleh Kab Bandung? terima kasih

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram