Ajang seleksi guru berprestasi di Kota Cirebon menjadi ajang pembuktian guru-guru pegiat literasi di kota ini. Dari banyak peserta lomba, empat diantaranya adalah pegiat literasi. Mereka adalah Kartino, M.Pd, guru SMP Negeri 2 Kota Cirebon; Oom Istikomariah, S.Psi, guru SMP Negeri 4; Andhi Rachman, S.Pd, guru SDN Kebon Melati; dan Adi Pratama, S.Pd, guru SDN Larangan 2 Kota Cirebon. Keempatnya mewakili sekolahnya masing-masing mengikuti seleksi gupres di SMP Negeri 18 Kota Cirebon, Selasa (30/4).

Keempat pegiat literasi itu harus rela meninggalkan kegiatan bersamaan dengan Festival Literasi Pesisir di Mundu Kab. Cirebon. Kegiatan puncak hasil kerjasama dengan PT Cirebon Power.

Untuk jenjang SMP, seleksi gupres hanya diikuti 11 guru. Padahal untuk sekolah negeri saja ada 18 sekolah, belum ditambah sekolah swasta. Sementara untuk jenjang SD, seleksi gupres diikuti 13 guru dari yang terdaftar 20 orang. Jumlah tersebut tentu relatif kecil daripada jumlah SD di kota ini cukup banyak. Para peserta, mengikuti seleksi dalam tiga tahap: portofolio, tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis 50 soal pilihan ganda tentang pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.

“Peserta juga di tes presentasi karya tulis ilmiah di depan para juri dari pengawas dinas,” tutur Kartino, salah satu peserta yang lolos juara satu disela menerima penghargaan di malam anugerah pendidikan. Juara kedua gupres diraih Citrania dari SMPN 18 Kota Cirebon dan juara ketiga diraih oleh Ismail, guru SMPN 5 Kota Cirebon. Sementara untuk peringkat gupres SD antara lain juara pertama Adi Pratama (SDN Larangan 2), juara kedua Aca Wangsa (SDN Lawu Asih) dan juara ketiga diraih Anto Hidayat (SDN Jagasatru 1).

Para juara lomba gupres menerima penghargaan dari Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis, SH pada Malam Anugerah Pendidikan di Hotel Luxton Kota Cirebon, Kamis (2/5) malam. Mereka yang lolos juara satu harus mempersiapkan diri untuk seleksi lomba gupres di tingkat Jawa Barat usai lebaran.

Dua juara satu gupres, Kartino dan Adi Pratama, selama ini dikenal sebagai pegiat literasi komunitas Gelemaca. Kartino biasa akrab disapa kapten literasi dan gatot maca. Dua tokoh dunia yang berbeda, sebagai icon literasi Kota Cirebon. Sementara Adi Pratama, dikenal sebagai penulis sekaligus editor dan penerbit handal. Kedua orang hebat ini memperkuat jajaran Gelemaca, bersama Andhi dan Oom berada di dalamnya. Pada kategori lain, pegiat literasi yang mendapatkan penghargaan malam itu adalah Iis Nuraeni, S.Pd., M.Pd.I. Kepala SMPN 12 ini dinobatkan sebagai kepala sekolah produktif menulis. Selamat ! (PaDE))

PEGIAT LITERASI JUARAI LOMBA GUPRES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram