Ada pemandangan berbeda usai apel Kamis pagi di Dinas Pendidikan Kota Cirebon. Bersamaan pembagian tropi lomba literasi hasil kegiatan komunitas Gelemaca. Seorang siswa, mempersembahkan buku kepada Kepala Dinas. Ini keren dan luar biasa. Siapakah dia, buku apa yang sudah ia karyakan?

Laporan :
Dewi Pujiati, S.Pd
Guru SDN Kalijaga Permai Kota Cirebon

Namanya Bima Cahya Nugraha. Siswa SDN Kalijaga Permai ini ikut berkumpul bersama siswa SD SMP pemenang lomba literasi. Namun pagi itu, Bima tak menerima hadiah dari Kepala Dinas Pendidikan. Tapi malah anak kedua dari pasangan Irwan Wahyudi dan Erlinda Effrel memberikan hadiah. Sebuah buku karya sastra berjudul Pantun Sejuta Nasihat disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Drs H Jaja Sulaeman, M.Pd.

Anak kelas VI dengan nama silsilah keluarga sebagai anak kedua mirip tokoh pewayangan Bima Pandawa Lima. Wawasan dan kemampuan mengolah katanya lebih menonjol diantara teman-teman sekelasnya. Hal tersebut disadari betul oleh saya, Dewi Pujiati sebagai wali kelas enam. Begitu juga kepala sekolahnya Ibu Novi Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd.I membenarkan kelebihan yang dimiliki salah satu siswanya.

 

Asal mula Bima bisa membuat 90 pantun diawali dari tugas kelasnya. Untuk mengasahnya keterampilan mengungkapkan isi informasi dari ragam materi di kelas enam, Bima dan teman-teman sekelasnya diberikan tugas mandiri. Tugasnya membuat pantun berdasarkan Kurikulum Tematik K13, khususnya tematik kelas enam. Karena SDN Kalijaga Permai adalah sekolah piloting di Kota Cirebon yg menerapkan Kurikulum 2013 sejak tahun pertama program tersebut digulirkan oleh pemerintah pusat.

Ada sembilan tema yang diangkat yakni Selamatkan Makhluk Hidup, Persatuan Dalam Perbedaan, Tokoh dan Penemuan, Globalisasi, Wirausaha, Menuju Masyarakat Sejahtera, Kepemimpinan, Bumiku, dan Menjelajah Angkasa Luar.

Setiap siswa ditantang membuat tugas mandiri membuat sembilan pantun, satu pantun satu tema. Di luar dugaan, Bima menyelesaikan secara cepat projeknya, bahkan melebihi target. Ragu dengan karyanya, saya coba cek originalitasnya, ternyata benar. Bima pun ditantang untuk menambah tulisan pantunnya hingga terkumpul 90 karya tepat waktu. Melihat pantun-pantun asli karya Bima yang luar biasa, saya berkomunikasi dengan orangtuanya agar bisa dibukukan.

Rasa bangga pun terpancar di wajah ananda Bima tatkala 4 April 2019 berkesempatan menyerahkan karya pertamanya kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs H Jaja Sulaeman, M.Pd. Bersamaan dengan momen penyerahan hadiah lomba-lomba literasi yg diselenggarakan komunitas Gelemaca. Kini pelajar dengan pembawaan tenang dan percaya diri bercita-cita sebagai pesepakbola profesional. Bima sedang bersiap-siap menghadapi USBN 2019. Semoga bisa melanjutkan ke SMP yg diinginkannya.(DP/PaDE).

SISWA SD TERBITKAN BUKU SASTRA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram