Dinas Pendidikan Kota Cirebon menyelenggarakan lomba baca tulis hitung (Calistung) pada Selasa (2/4/2019). Lomba tersebut diselenggarakan di Komplek SDN Pengampon, sekolah di wilayah binaan UPT Pendidikan Kec. Lemahwungkuk.

 

Sekretaris Dinas Pendidikan, Drs. H. Adin Imaduddin Nur dalam sambutanya mengatakan lomba calistung ini bertujuan untuk membentuk kebiasaan membaca sejak dini. Meskipun  ditingkat nasional dan tingkat provinsi sudah tidak dilaksanakan. “Kota Cirebon tetap melaksanakan lomba calistung berawal dari keprihatinan kepala dinas yang masih menemukan ada anak kelas V masih belum bisa membaca secara lancar”, ungkapnya.

Lomba ini diperuntukkan bagi siswa kelas rendah pada sekolah dasar. Diikuti oleh 15 anak kelas I, 15 anak kelas II dan 15 anak kelas III yang merupakan perwakilan dari 5 kecamatan se Kota Cirebon. Hadir dalam acara pembukaan tersebut plt. Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Kasi PDPK dan Kepala UPT Pendidikan Kecamatan. Hadir juga guru kelas dari tiap peserta lomba dan kepala sekolah serta orangtua untuk memberikan semangat.

 

Menurut tim penyusun, soal lomba calistung kali ini menggunakan penilaian HOTS yang bercirikan 4 C (Critical Thinking and Proble Solving, Creativity  and Innovation, Communication, Collaboration). Pengawas SD, Dra. Hj. Sukemi mengatakan bahwa dalam lomba ini peserta akan melalui empat tahapan. Tahap I adalah mencongak, tahap II membaca menulis, tahap III menulis tegak bersambung dan tahap terakhir teknik membaca lancar. (Lisy)

 

LOMBA CALISTUNG DENGAN PENILAIN HOTS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram