Menjelang digelarnya kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Dinas Pendidikan melaksanakan berbagai persiapan terkait dengan kegiatan tersebut. Hal ini dilaksanakan agar seluruh Satuan Pendidikan SD dan SMP di Kota Cirebon benar-benar siap dalam melaksanakan kegiatan yang selalu digelar setiap akhir tahun pelajaran tersebut sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

 

Untuk mensosialisasikan regulasi terkait USBN SD Dinas Pendidikan melaksanakan roadshow ke UPTD Pendidikan Kecamatan se-Kota Cirebon. Kegiatan roadshow dilaksanakan oleh tim yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Drs. H. M. UU Suhaemi dengan anggota Kasi Kurikulum dan Penilaian, Drs. H. Makruf, M.Pd.I serta para Pengawas TK/SD sebagai narasumber.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 11 – 14 Februari 2019 ini melibatkan seluruh Kepala SD/MI se Kota Cirebon. Pada sambutannya Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Drs. H. Uu Suhaemi mengatakan bahwa ”Walaupun USBN khususnya untuk SD/MI ini sudah berjalan selama 3 tahun terakhir, mereka harus selalu mempersiapkannya dengan baik. Hal ini dimaksudkan agar selama pelaksanaan USBN yang akan berlangsung tanggal 22 – 24 April 2019 tidak terdapat kendala2 apalagi berdampak merugikan bagi peserta didik.

 

Materi utama yang disampaikan dalam kegiatan roadshow adalah pokok-pokok pikiran mengenai Prosedur Operasional Standar (POS) USBN sebagaimana tertuang dalam Peraturan BSNP Nomor 0048/BSNP/XI/2018 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019, disamping materi lainnya yang disampaikan para Pengawas TK/SD.

“USBN sebagai kegiatan tahap akhir dalam proses kegiatan belajar mengajar selayaknya harus dipersiapkan, dengan baik oleh para guru terutama menyangkut peserta didik. Kami berharap hasil USBN pada tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Terlebih menyikapi isu nasional bahwa hasil belajar siswa masih kurang dan tidak ada peningkatan, dalam 10 tahun terakhir dalam posisi stagnan”. Demikian disampaikan oleh Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Drs. H. Makruf, M.Pd., dalam sambutannya.

 

Masih dalam kaitannya dengan persiapan USBN, setelah roadshow sosialisasi akan dilanjutkan dengan kegiatan Workshop Bedah Kisi-kisi USBN. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 18 – 21 April 2019 dengan peserta para guru kelas 6 dan narasumbernya para Pengawas TK/SD dan para guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) se Kota Cirebon. (Dikdas)

DISDIK GELAR ROADSHOW PERSIAPAN USBN
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Twitter
Visit Us
Follow Me
YouTube
Instagram