Wakil Wali Kota Cirebon Dra Hj Eti Herawati akan mengusulkan kepada pihak keraton. Usulan ini terkait penampilan kreasi seni budaya siswa agar bisa digelar dipanggung budaya Gua Sunyaragi Cirebon. Langkah ini sebagai upaya untuk melestarikan seni budaya daerah Cirebon. Karena dengan kesenian anak tak hanya mengenal dan melestarikan warisan bangsa tetapi juga menumbuhkan kebersamaan dan pendidikan karakter.

“Saya sudah sampaikan ke Pa Adin (Sekdis Pendidikan, red), bahwa saya punya mimpi giat anak-anak ini bisa mengisi dan tampil di Sunyaragi. Nanti saya akan mencoba berkomunikasi dengan pihak keraton,” tutur Wakil Wali Kota Cirebon Dra Hj Eti Herawati di depan para peserta dan undangan acara Resital Seni Budaya SMP Negeri 4 Kota Cirebon, Sabtu (2/2) lalu.

Hadir dalam acara uji kompetensi siswa kelas IX sekolah setempat, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs Adin Imaduddin. Selain itu kepala sekolah SMP Negeri 4 Kota Cirebon Hj Sumiyati, S.Pd., M.Si, Komite Sekolah, Dewan Pendidikan, Pengawas Disdik, sejumlah kepala sekolah SMP dan undangan lainnya. Sekitar 1300 siswa dan guru-guru sekolah setempat hadir menyaksikan pementasan seni, bazar kuliner dan ekspo pendidikan.

Sekretaris Disdik Drs Adin Imaduddin berharap dengan kegiatan resital akan memberikan inspirasi dan motivasi bagi siswa. Pihaknya mengapresiasi upaya sekolah dalam menggelar perhelatan seni budaya akbar. Menurutnya kegiatan ini bagian dari proses belajar anak. Jangka panjang mereka akan mencintai dan melestarikan kesenian dan kebudayaan Indonesia ditengah gempuran budaya asing efek negatif globalisasi.

Wakil Wali Kota Cirebon Dra Hj Eti Herawati pun tampil memenuhi tantangan membaca puisi salah satu karya siswa sekolah ini berjudul Pendidikan Karakter. Bunda literasi ini memuji kreasi seni anak-anak binaan Kepala Sekolah Hj Sumiyati, S.Pd., M.Si. Puisi karya siswa kelas VII itu satu dari banyak puisi siswa dan guru SMPN 4 Kota Cirebon yang terangkum dalam satu buku. Buku berjudul “Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya: Senandung Puisi Siswa dan Guru untuk Pendidikan” dilaunching secara resmi oleh Wakil Wali Kota yang juga sebagai bunda literasi. (PaDE)

SENI SISWA BAKAL TAMPIL DI PANGGUNG SUNYARAGI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram