SMP Negeri 3 Kota Cirebon ternyata memiliki hutan sekolah. Senin, 28 Januari 2019 Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon beserta pengawas bina menunjungi hutan sekolah tersebut, usai melakukan pembinaan disiplin siswa melalui pelaksanaan upacara bendera dan pembinaan para guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Diawali dengan melihat proses pengolahan dan pengemasan kompos hasil produksi siswa-siswi SMPN 3 Kota Cirebon, Kadisdik ditemani Kepala Sekolah, Dra. Hj. Enny Diah Sajekti berkeliling sekolah dan menuju hutan. Ia berinteraksi dengan para siswa tentang pendapat mereka mengenai keberadaan hutan disekolah.

Hutan sekolah ini menjadi salah satu tempat pavorit bagi para siswa ketika jam-jam istirahat. Mereka gunakan waktu istirahat untuk bersosialisasi dengan cara-cara yang sehat. Misalnya untuk berdiskusi tentang pelajaran, membaca buku atau sekedar bersantai melepas lelah setelah belajar di kelas.

Istilah rebranding yang sedang hit di Kota Cirebon saat ini, berhasil diaktualisasikan oleh seluruh warga SMPN 3 Kota Cirebon. Menyandang predikat bergengsi sebagai sekolah sehat dan sekolah hijau dinilai kadisdik sebagai sesuatu yang memang pantas.

“Penataan sekolah yang rapih, pemanfaatan ruang terbuka hijau yang dikelola dengan baik serta kebersihan lingkungan sekolah yang terjaga sangat baik, ini merupakan suatu keberhasilan yang patut dibanggakan”, ungkap kadisdik didepan para guru.

Hal lain yang menjadi perhatian Jaja Sulaeman adalah sikap peserta didik yang disiplin dan khidmat pada saat pelaksanaan upacara, merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam penerapan program penguatan pendidikan karakter disekolah. Iapun berpesan kepada seluruh siswa agar menjaga kebiasan-kebiasaan dan karakter yang baik dimanapun mereka berada.

“Jaga kebiasaan dan karakter yang baik dimanapun anak-anakku berada, disekolah, dirumah maupun di masyarakat. Terapkan pola hidup bersih dan sehat dimana saja, mulai sekarang dan seterusnya mari lebih menjaga lingkungan disekitar kita. Jika kita semua menjaga lingkungan baik disekolah, dirumah maupun dimasyarakat maka Kota Cirebon akan menjadi kota yang sehat, bersih dan hijau”, pungkasnya mengakhiri obrolan dengan para siswa disisi hutan sekolah. (Lisy)

TERNYATA, SMPN 3 MILIKI HUTAN SEKOLAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram