Dinas Pendidikan Kota Cirebon menggelar bimbingan teknis bagi seluruh proktor dan teknisi UNBK SMP Negeri dan Swasta se Kota Cirebon. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya agar pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kompter (UNBK) Tahun Ajaran 2018/2019 dapat berjalan lancar.

Kegiatan berlangsung pada hari Senin, 28 Januari 2019 ini bertempat di ruang multimedia SMP Negeri 5 Kota Cirebon dan diikuti oleh 50 orang proktor serta teknisi dari SMP Negeri dan Swasta.

Bimtek ini merupakan hasil kerjasama Dinas Pendidikan Kota Cirebon dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP. Dalam kesempatan membuka kegiatan, Kepala Dinas pendidikan Kota Cirebon, H. Jaja Sulaeman, M.Pd. mengatakan: “Bimtek ini bertujuan agar proktor dan teknisi memiliki kemampuan yang baik dalam mempersiapkan UNBK di sekolah. Panitia penyelenggara sengaja mendatangkan narasumber helpdesk yang ditunjuk Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Bimtek ini diharapkan dapat membekali proktor dan teknisi dengan pengetahuan teknis yang mumpuni terkait dengan pelaksanaan UNBK nanti”.

“Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada para proktor dan teknisi sebagai bagian dari tim UNBK. Kami berharap dengan peningkatan wawasan dan pengetahuan melalui bimtek ini, pelaksanaan UNBK akan lebih lancar dan meminimalisir berbagai kendala teknis,” demikian lanjut Kadisdik.

Senada dengan pernyataan Kadisdik, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Drs. H. M. UU Suhaemi menyatakan bahwa ujian nasional sampai saat ini dipandang sebagai alat evaluasi yang tepat untuk mengukur keberhasilan siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, pelaksanaan ujian yang dulu berbasis kertas bergeser menjadi ujian nasional berbasis komputer. Hal ini dinilai lebih efektif, efisien, objektif dan mengedepankan kejujuran siswa sebagai peserta ujian.

Terkait Bimtek tersebut UU berpesan agar peserta mengikuti dengan baik sehingga pada pelaksanaan UNBK nanti apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti masalah jaringan, laptop/komputer serta hambatan pada suplai listrik, dapat diantisipasi dengan baik.

Selanjutnya, Kasi Kurikulum dan Penilaian Pendidikan Dasar Drs. H. Makruf, M.Pd. selaku penanggungjawab teknis kegiatan bimtek tersebut menjelaskan bahwa UN merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu dilaksanakan, namun hal tersebut menjadi istimewa sebab tahun ini terdapat kemajuan pesat dalam penyelenggaraannya. Seluruh SMP di Kota Cirebon dapat melaksanakan UNBK, sehingga memerlukan persiapan yang matang. Tahun ini dari jumlah SMP di Kota Cirebon sebanyak 45 SMP, terdapat 19 sekolah yang mampu melaksanakan UNBK secara mandiri total. Sedangkan selebihnya masih bekerjasama dengan SMA/SMK.

“Semoga pada tahun mendatang seluruh SMP di Kota Cirebon mampu melaksanakan UNBK secara mandiri”, pungkasnya.

PROKTOR DAN TEKNISI UNBK IKUTI BIMTEK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram