Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan menargetkan gerakan literasi masuk ke daerah Lebakngok sekitarnya. Daerah perbatasan dan pedalaman sekitar 12 Km dari pusat kota ini pada Sabtu 19 Januari 2019 lalu menjadi lokasi kegiatan jelajah literasi digagas oleh Komunitas Literasi Gelemaca. Wakil Wali Kota Cirebon Dra Hj Eti Herawati berkesempatan hadir mengikuti rangkaian kegiatan.

“Kegiatan baca tulis nanti tak hanya untuk ade-ade, tetapi juga ibu-ibu dan warga di sini. Nanti kita akan cari tempat untuk pojok baca. Wilayah ini nanti kita dahulukan. Pengurus RW dan kader nanti akan dikoordinasikan,” ujar Wakil Wali Kota Cirebon Dra Hj Eti Herawati dalam sambutannya di depan siswa SD SMP peserta jelajah literasi dan undangan di halaman SDN Lebakngok Argasunya, Sabtu (19/01).

Perempuan yang dinobatkan sebagai Bunda Literasi ini mengaku gembira dan menyambut baik kegiatan jelajah literasi. Dengan acara ini, siswa tak hanya mengenal dunia membaca dan menulis. Mereka dikenalkan juga budaya literasi lingkungan. Wawali memuji dan berterima kasih kepada komunitas Gelemaca yang sudah ikut serta membudayakan literasi di masyarakat Kota Cirebon.

“Karya buku temen-temen Gelemaca kelihatannya sudah banyak. Silahkan anak-anakku sekalian tuangkan pikirannya dalam bentuk tulisan, nanti akan dinilai. Mari kita giat membaca, menulis, sayangi lingkungan, dan orang tua,” ajak Bunda Literasi yang berharap ada siswa dari SDN Lebakngok dan sekitarnya suatu saat bisa ikut wisuda literasi siswa se-Kota Cirebon. Rencananya pada bulan April atau Mei komunitas Gelemaca akan mengadakan wisuda literasi untuk tahun ketiga.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebom Drs H Jaja Sulaeman, M.Pd mengatakan, kesuksesan gerakan literasi di kotanya perlu dukungan semua pihak. Dukungan dari pemerintah, masyarakat, sponsor. Pihaknya mengapresiasi kerja pegiat literasi Gelemaca. Kendati dalam keterbatasan bahkan ketiadaan dana, gerakan literasi terus berjalan.

“Kita dorong gerakan literasi di Kota Cirebon ini. Ini perlu dukungan semua pihak, pemerintah, masyarakat, swasta, sponsor dan sebagainya. Kami menyampaikan terima kasih kepada Gelemaca. Dengan keterbatasan anggaran kegiatannya tetap berjalan,” tutur Kadisdik yang berharap program Satu Guru Satu Buku ke.depan bisa berjalan dengan sukses.

Ketua Literasi Gelemaca Lilik Agus Darmawan, S.Pd., MM menambahkan, bahwa jelajah literasi dalam rangka mendukung visi Kota Cirebon ke depan. Dengan Wali Kota Drs H Nashrudin Azis, SH dan Wakil Wali Kota Drs Hj Eti Herawati kota ini akan tumbuh sebagai kota kreatif, berbasis budaya dan sejarah. Menurutnya, semoga kegiatan jelajah literasi bisa memberikan semangat dan inspirasi bagi masyarakat Lebakngok khususnya dan masyarakat Kota Cirebon pada umumnya. (PaDE)

TARGETKAN GERAKAN LITERASI MASUK DESA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram