Ratusan siswa SD dan SMP se- Kota Cirebon menjelajahi daerah pinggiran Kota Cirebon, Sabtu (19/01). Dalam kegiatan bertema Jelajah Literasi tersebut, mereka melakukan longmarch di alam terbuka. Kegiatan ini dimotori oleh komunitas literasi Gelemaca Kota Cirebon bersama Dinas Pendidikan Kota Cirebon.

Hadir Wakil Wali Kota Cirebon Dra Hj Eti Herawati membuka kegiatan Jelajah Literasi start di SDN Cadas Ngampar. Mendampingi Wawali, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs H Jaja Sulaeman, M.Pd bersama Ketua Literasi Gelemaca Lilik Agus Darmawan, S.Pd., MM. Para undangan dari Dispusip, Dinas Lingkungan Hidup, DKIS, BPPPPDB PPPPD Dewan Pendidikan, CEO Radar Cirebon, sejumlah kepala sekolah dan lainnya.

Lokasi start dari SDN Cadas Ngampar Argasunya Kota Cirebon. Ibu Wakil Wali Kota Dra.Hj Eti Herawati langsung melepas peserta jelajah literasi. Pada kesempatan itu, Kadisdik secara simbolis mengenakan rompi literasi kepada Wawali selaku Bunda Literasi dan juga CEO Radar Cirebon Yanto S Utomo. Paket buku, pohon dan tong kompos diberikan.kepada tiga SD di lokasi tersebut.

Tercatat ada 33 sekolah, 163 siswa dari SD dan SMP yang menjadi peserta jelajah literasi. Peserta ini hasil seleksi dari sekolah-sekolah yang mengikuti tantangan membaca periode 2018-2019. Menelusuri jalanan terjal berbatu, curam dan licin. Melitasi jalan kampung, kebun, sawah dan sungai. Setiap regu dibawah bimbingan guru harus mencatat temuan selama perjalanan. Ada sejumlah pos yang harus mereka hadapi dan lewati.

Perjalanan menguji nyali tersebut harus melintasi tiga SD: SDN Cadas Ngampar, Lebakngok dan SDN Sumur Wuni. Di SDN Lebakngok, tugas LKS setiap regu dikumpulkan dan dinilai oleh juri. Hasilnya terpilih tiga SD dan SMP sebagai juara jelajah literasi tahun 2019. Di SDN Lebakngok, peserta jelajah literasi mengikuti rangkaian panggung literasi. Tak ketinggalan Kapten Literasi Mr. Kartino menghibur penonton.

Tingkat SMP, juara pertama diraih oleh SMP Negeri 2 Kota Cirebon, disusul SMP IT Kayu Walang dan SMP Al Irsyad. Sedangkan untuk tingkat SD sebagai juara pertama adalah SDN Sunyaragi 2, juara kedua SDN Kalijaga Permai dan juara ketiga SDN Taman Kalijaga. Selamat !

Ratusan Siswa Ikuti Jelajah Literasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram