SMP Negeri 3 Cirebon sepertinya tak pernah lelah membuat sejarah. Selama dua bulan terakhir, Oktober dan November, sekolah hijau di Jalan Pronggol No. 52 ini menggelar berbagai kegiatan dalam pemenuhan program sekolah rujukan. Selain berbagai workshop, yang diikuti oleh warga sekolah dan perwakilan sekolah imbas, terdapat satu peristiwa (dalam kerangka) literasi yang fenomenal dan inspiratif, yaitu Spenta Berpuisi.

Puncak berbagai aktivitas dalam rangkaian pemenuhan program sekolah rujukan adalah gelaran Spenta Expo 2018. Expo sekolah rujukan ini adalah salah satu bentuk display atau pameran produk-produk unggulan dari sekolah rujukan.

Pada gelaran Spenta Expo 2018 ini tersaji;

Kunjungan ke stan-stan. Beberapa stan yang ditampilkan diantaranya:

  1. Stan Ekstrakurikuler menampilkan berbagai prestasi dalam kegiatan ekskul dan pemeriksaan tensi darah serta cek darah gratis dari siswa PMR yang telah dilatih;
  2. Stan kelas 7, 8, dan 9 menampilkan berbagai karya: seni, budaya, prakarya dan sains serta demo alat peraga IPA sebagai hasil dari kompetisi pembuatan alat peraga IPA dalam rangka Hari Guru Nasional;
  3. Stan SPMI dan Literasi menunjukkan proses pelaksanaan program menuju 8 standar. Literasi sebagai upaya mewujudkan pendidikan abad 21; dan
  4. Stan Hidroponik dan Kompos yaitu menampilkan hasil demo siswa dalam pengolahan kompos dan pengolahan hidroponik.

Para juara lomba antar kelas yang diselenggarakan sehari sebelum Expo dalam rangka Maulid Nabi Muhammmad SAW dan Hari Guru Nasional yang meliputi lomba kaligrafi, lomba kultum, lomba tahfidz, lomba menulis surat untuk guru, lomba vokal, lomba rangking satu dan lomba alat peraga IPA (kelas 7 berupa alat peraga astronomi dan kelas 8 alat peluncur angin). Pemenangnya ditampilkan dalam kegiatan expo. Dan pada kegiatan expo juga diadakan lomba rangking satu dengan peserta lomba adalah siswa siswi SD dari 15 SD sekecamatan Lemahwungkuk dan pemenang dalam lomba ini adalah SDN Karang Anom 2.

Pentas Seni meliputi Tari Saman, Hadroh atau Sholawat, Story Telling, Stand Up Comedy dan beberapa tarian kolosal modern, serta beberapa sumbangan seni dari bapak/ibu guru yang turut menyemarakkan Spenta Expo tahun 2018.

Spenta Expo tahun ini mengambil tema Raih Cita Dengan Gelora Genggam Dunia Dengan Karya. Bapak Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Adin Imanudin, menyampaikan dalam sambutannya agar kegiatan seperti ini dapat memberikan motivasi tersendiri bagi keluarga besar SMPN 3 Kota Cirebon untuk terus bersemangat membangun sekolah sesuai dengan harapan dan impian.

Kegiatan expo mendapat sambutan yang begitu indah dari para undangan yang terdiri atas para guru SD beserta siswanya, para Kepala Sekolah SMP serta para pejabat Dinas Pendidikan. Kesan setelah mereka berkeliling stan dan menikmati penampilan unjuk karya siswa adalah sangat menawan. SMPN 3 benar-benar telah melaksanakan amanah pendidikan dengan penuh kerja keras. Mereka sangat antusias dan bangga dengan kemajuan yang diraih SMPN 3 Kota Cirebon. Pengolahan sampah, Hidroponik, literasi dan kegiatan keagamaan merupakan keunggulan sekolah yang luar biasa keren demikian rangkuman kesan dari para tamu undangan yang kami temui.

Semoga langkah perjuangan pendidikan kami di SMPN 3 Kota Cirebon mampu mewujudkan harapan pendidikan masa kini dan mendatang dalam rangka mempersiapkan generasi abad 21 yang memiliki karakter baik, generasi literat, dan generasi yang memiliki kompetensi tinggi sehingga mampu menghadapi revolusi industri 4.0. (KS)

SUKSES SPENTA EXPO: SEKOLAH RUJUKAN TAHUN 2018
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram