CIREBON – Dua sekolah di Kota Cirebon hari ini, Rabu (31/10) akan mengikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Barat. Kedua sekolah tersebut yaitu TK Darul Hikam dan SMP Negeri 8 Kota Cirebon. Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Barat diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs. H. Asep Dedi, M.Si di ruang kerjanya tadi pagi. Tim penilai sebanyak 4 orang yang diketuai oleh Mursid, S.Sos, M.Si,  beranggotakan Dr. H, Yusuf Sopyan, Wiwies Suantari, SKM dan H. Kani S, A.Md.

Usai diterima oleh Sekda Kota Cirebon, Tim penilai menuju ke TK Darul Hikam yang beralamat di Kecamatan Pekalipan. Tim didampingi oleh TP UKS Kota Cirebon, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Kabag Kesra, Camat Pekalipan, Dinas Sosial, PMI, BNN dan lainnya.

Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Kota Cirebon kepada tim penilai lomba sekolah sehat. Dia mengatakan bahwa Kota Cirebon dengan bukan hanya sebagai destinasi di kawasan Ciayumajakuning, dengan jumlah penduduk 4 sampai dengan 5 kali lebih banyak dibanding pada malam hari.

“Kota Cirebon bukan hanya sebagai destinasi wisata tetapi juga menjadi destinasi pendidikan. TK Darul Hikam dari luar tampaknya kecil, begitu masuk kedalam TK ini mempunyai halaman hijau dan rindang, didukung luas bangunan serta fasilitas lainnya yang memadai.”

Wiwik Nurhayati, S.Pd selaku kepala TK Darul Hikam memaparkan program usaha kesehatan sekolah yang diterapkan diantaranya adalah pembiasaan menjaga kebersihan badan dan membuang sampah ditempatnya melalui cara-cara yang menyenangkan. Pihaknya mengajarkan anak-anak melalui tepuk PHBS ( pola hidup bersih dan sehat) dan senam gigi bersih. Melalui cara-cara yang menyenangkan pihaknya berharap anak-anak dapat membiasakan diri menjaga kesehatan dan kebersihan baik diri maupun lingkungan.

 

Lepas menilai TK Darul Hikam, Tim Penilai meluncur ke SMP Negeri 8 Kota Cirebon yang beralamat di Kecamatan Harjamukti dengan semangat dan kekompakan dari TP UKS Kota Cirebon. Sampai di lokasi rombongan disambut dengan tarian dan gamelan dari siswa-siswi SMPN 8.

Kepala SMPN 8 Kota Cirebon, Mohamad Casila, S.Pd, MM dalam eksposnya memaparkan program-program usaha kesehatan sekolah sesuai dengan trias UKS. Diantara program unggulan yang dilakukannya adalah penyediaan tempat cuci tangan, toilet bersih, ruang UKS yang representatif, lahan untuk apotek hidup, pemeriksaan kesehatan dan yang lainnya.

Pendamping Lomba Sekolah Sehat

Selain menilai lingkungan sekolah dan fasilitas UKS, tim penilai juga melakukan pembinaan kepada para siswa yang menjadi kader kesehatan sekolah (KKS). Salah satu yang jelaskan kepada KKS adalah kesehatan reproduksi remaja dan pemanfaat apotek hidup.

Lepas menilai kedua sekolah tersebut, tim penilai beserta rombongan menuju TP UKS Kecamatan Harjamukti. Tim penilaiaditerima di ruang command centre oleh Camat Harjamukti, Drs. Agus Suherman, SH, MH.

Rangkaian kegiatan penilaian lomba sekolah sehat di Kota Cirebon diakhiri dengan evaluasi dari Tim Penilai yang dihadiri oleh perwakilan kedua sekolah yang dinilai dan TP UKS Kota Cirebon. Kegiatan evaluasi itu dilaksanakan di Sekretariat TP UKS Kota Cirebon yang berada di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Cirebon. Kadisdik dan TP UKS berharap kedua sekolah tersebut dapat menjadi juara lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Jawa Barat. (Lisy)

 

KOTA CIREBON IKUTI LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Twitter
Visit Us
Follow Me
YouTube
Instagram