Ratusan siswa SD dan SMP Negeri dan Swasta di Kota Cirebon adu kekuatan. Kekuatan mereka dalam bidang literasi diasah dalam ajang lomba literasi, Sabtu (27/10). Lomba dipusatkan di SMP Negeri 1 Kota Cirebon tersebut diselenggarakan oleh Komunitas Literasi Gelemaca kota setempat.

Komunitas Gelemaca adalah Gerakan Literasi Masyarakat Cirebon Kota. Komunitas ini merupakan kumpulan para pegiat literasi siswa Jawa Barat yang menggerakan program WJLRC—West Java Leaders Reading Challenge di tingkat sekolah-sekolah di Kota Cirebon. Festival literasi kemarin untuk kali ketiganya sejak tahun 2016.

Berbagai lomba literasi itu antara lain lomba mewarnai, lomba cipta baca puisi, lomba, lomba Cerpen, lomba Storytelling, lomba Debat, lomba Presentasi Buku. Tercatat ada 290 siswa SD dan SMP mengikuti kegiatan tersebut. Sebelumnya mereka mengikuti Technical Meeting Festival Literasi pada 27 Oktober 2018.

Lomba-lomba tersebut dipisahkan dalam ruang kelas berbeda. Hanya satu kategori lomba yang berada di luar ruangan yaitu lomba mendongeng. Semua peserta lomba adalah peserta tantangan membaca literasi (CLRC) dengan melibatkan juri dan unsur pegiat literasi di Kota Cirebon.

Ketua Gelemaca Lilik Agus Darmawan, S.Pd., MM mengatakan, kegiatan festival literasi bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan literasi peserta lomba terutama di bidang yang dilombakan. Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa guna meningkatkan prestasi belajar pada bidang bahasa, seni, budaya dan sastra.

“Selain itu untuk membina dan memacu kreativitas peserta sebagai sarana promosi bakat dan minat peserta; dan mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa,” tutur Lilik yang juga Kepala SMP Negeri 1 Kota Cirebon disela kesibukannya melaksanakan lomba bertempat di sekolahnya. (PaDE)

RATUSAN SISWA BERSAING LOMBA LITERASI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Twitter
Visit Us
Follow Me
YouTube
Instagram