Tanggal 22 Oktober, 3 tahun silam ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015. Ditanggal yang sama tahun 2018 hari ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon turut memperingati HSN tersebut. Bersama dengan siswa-siswi SMPN 7 Kota Cirebon, Kadisdik dengan mengenakan baju koko dan peci nasional melaksanakan upacara bendera yang rutin dilakukakan setiap hari senin.

Kesempatan yang baik itu dimanfaatkan oleh Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd untuk memantik semangat para peserta didik kembali ke Tajug melaksanakan gerakan maghrib mengaji.

“Hari ini kita peringati hari santri nasional. Santri secara umum adalah sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan agama islam di pesantren, dan menetap disana sampai pendidikannya selesai. Dengan semangat itu saya mengajak peserta didik untuk kembali ke Tajug disekitar tempat tinggal masing-masing dan melaksanakan gerakan maghrib mengaji.”

Maghrib mengaji berkaitan erat dengan penguatan pendidikan karakter. Termasuk juga bagian dari PPK adalah pembinaan disiplin siswa. Salah satu cerminan hasil pembinaan disiplin siswa dinilai dari pelaksanaan upacara bendera. Tolok ukurnya adalah pelaksanaan upacara yang sesuai dengan tata upacara bendera sebagaimana diatur dalam Permendikbud nomor 22 tahun 2018. Kadisdik berharap agar seluruh peserta didik diberi kesempatan yang sama untuk menjadi petugas upacara.

“ Saya berharap seluruh peserta didik diberi kesempatan yang sama untuk menjadi petugas upacara. Agar semua siswa dapat belajar tampil dengan percaya diri. Disamping itu juga agar anak-anak dapat belajar menghargai orang lain.”

Diakhir amanatnya Kadisdik menyampaikan harapannya agar dilain kesempatan pelaksanaan upacara di SMPN 7 Kota Cirebon dapat berjalan dengan lebih baik. Seluruh peserta upacara diharapkan dapat melaksanakannya dengan khidmat dan sikap sempurna.

Usai melaksanan upacara bendera, kadis didampingi Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan, Dra. Hj. Sri Wahyuning Hadhi dan pengawas bina Drs. H. Tusman, M.Pd melakukan pembinaan kepada seluruh PTK di SMP yang dikepalai oleh Dr. Hj. Ani Rusnaeni. (Lisy)

PERINGATI HARI SANTRI KADISDIK AJAK MAGHRIB MENGAJI DI TAJUG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Twitter
Visit Us
Follow Me
YouTube
Instagram