Sabtu (20/10), suasana di lingkungan SDN Cigendeng begitu ramai. Pada hari itu ada kegiatan “Launching Pemberdayaan Fungsi Gugus Melalui Kelompok Kerja Guru dalam Kegiatan Kerja Nyata Gugus 3 Sunyaragi Kecamatan Kesambi”. Kegitan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs. Jaja Sulaeman, M.Pd, Kepala UPTD Kec. Kesambi Surip, SE, MM dan Pengawas Bina Gugus 3 Dra. Nining Taswini, M.Pd serta beberapa kepala sekolah dan guru-guru dilingkup kecamatan kesambi.

Kegiatan ini dibuka oleh Hj. Khaeriyah, S.Pd. M.Pd selaku Ketua Gugus 3 Kec. Kesambi. Dari laporannya diketahui dalam gugus 3 terdapat 8 sekolah yakni SDN Sunyaragi I,  SDN Sunyaragi II, SDN Karang Jalak I, SDN Karang Jalak II, SDN Cigendeng, SDN Kartika 6, SDN Kartika 7 dan Kristen Plus.

“Kegiatan hari ini hanyalah kegiatan Launching Pemberdayaan Fungsi Gugus Melalui Kelompok Kerja Guru dalam Kegiatan Kerja Nyata Gugus 3 Sunyaragi Kecamatan Kesambi sebagai bentuk langkah awal. Kegiatan ini akan dimulai setiap minggu kedua awal bulan November 2018 tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkembangkan, saling memberikan pengetahuan, menyamakan persepsi karena di dalam gugus 3 masih terdapat dua kurikulum yakni ada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 untuk itu dengan adanya kegiatan ini maka akan dilaksanakan kegiatan pemberdayaan dan tugas-tugasnya dari kita oleh kita untuk kita, karena pada tahun 2019 semua sekolah sudah harus menggunakan kurikulum 2013.”

Drs. Jaja Sulaeman, M.Pd Selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, mengapresiasi semangat kepala UPTD Kec. Kesambi yang didukung oleh para kepala sekolah, guru dan pengawas bina masing-masing. Dia berharap dengan kegiatan semacam ini, dinamika pendidikan dapat diimbangi.

“Tuntutan perubahan dibidang teknologi informasi ada yang dampak positif dan dampak negative. Semua harus kita pahami, sehingga ketika ada persoalan kita sudah bisa mengantisipasinya. Begitupun ilmu yang berkembang harus kita ikuti, karena begitu pesat perkembangan ilmu teknologi kita, kalau kita kalah kita berada dibelakang bahkan anak-anak kita lebih cepat memahami teknologi. Oleh karena itu guru-guru jangan sampai ketinggalan, karena guru ini adalah jabatan profesi yang dituntut harus professional, harus memiliki kompetensi-kompetensi yang diharapkan sebagai syarat seorang guru .”

“Gugus ini merupakan wadah atau tempatnya untuk melakukan penyesuian perubahan-perubahan aturan terkait tugas kita mulai dari penyusunan RPP, menyiapkan metodologi mengajar, meyiapkan fasilitas sarana pembelajaran kemudian melakukan pembelajaran lalu evaluasi dan hasil evaluasi di analisis, ditindaklanjuti dibuatlagi RPP untuk peningkatan, itu merupakan sebuah siklus yang harus terus berjalan, yang hal ini berpotensi kejenuhan. Untuk menghindari itu maka setiap guru harus kreatif.”

Kepala UPT Kec. Kesambi Bp. Surip, SE. MM  mengatakan bahwa salah satu program Kadisdik adalah kegiatan Pemberdayaan Gugus di Kota Cirebon. Kecamatan Kesambi sebagai yang pelopor atau yang mengawali kegiatan tersebut.

“Saya mengapresiasi kepada Pengawas bina gugus 3 karena harusnya pada hari ini beliau tetap menyempatkan waktunya untuk hadir ditengah-tengah kita. Setiap kegiatan digugus ini harus mendapatkan perhatian dari Kadisdik, karena peran serta Kadisdik sangat dibutuhkan.”

Pengawas Gugus 3 Kec. Kesambi Dra. Nining Taswini, M.Pd mengatakan bahwa bukan hanya pengawas yang dituntut untuk meningkatkan kualitas semakin berat tugasnya.  Contohnya penilaian kinerja baik kepala sekolah maupun guru 2019 ada perubahan dan tuntutannya semakin luas. Dia berharap dengan dimulai nya dari gugus 3 ini kualitas kita semakin meningkat terutama tugas kita terutama yang empat (4) standar yakni isi, proses, penilaian dan SKL. (Khaeriyah)

KEGIATAN KERJA NYATA GUGUS 3 KESAMBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Twitter
Visit Us
Follow Me
YouTube
Instagram