Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd,  didampingi Kepala UPT Pendidikan, pengawas bina, K3S dan gugus menghadiri ekspos pendirian 3 sekolah swasta, di Kec. Kesambi. Bertempat di SDIT Thafizh Sabilul Qur’an, ekspose dilaksanakan pada hari Rabu (10/10). Ketiga sekolah swasta tersebut adalah SDIT Luhur Al Kautsar, SD Peradaban Global Qur’an dan SDIT Thafizh Sabilul Qur’an. Ekpos tersebut dilakukan dalam rangka memperoleh ijin operasional sekolah.

Berdasarkan ekpose dari masing-masing kepala sekolah yang memaparkan profil dan program sekolah, diketahui semuanya berbasis keagamaan. Hal tersebut mencuri perhatian kadisdik dan diungkapkannya saat dia memberikan sambutan.

“Ijin pendirian sekolah mengacu pada perbandingan-perbandingan tertentu seperti rasio antara jumlah siswa dan jumlah sekolah. Sebenarnya jumlah sekolah di Kota Cirebon cukup untuk menampung jumlah anak usia sekolah warga kota Cirebon.”

“Saat ini kecenderungan orang tua ingin menyekolahkan anaknya pada sekolah yang menawarkan program-program unggulan seperti keunggulan dibidang agama. Satu sisi saya bangga dengan semangat dari masyarakat yang ingin terlibat dalam peningkatan kualitas pendidikan kita. Disisi lain hal ini akan berdampak pada sekolah yang sudah maju bisa jadi mengalami penurunan apabila sekolah tersebut tidak mengikuti perkembangan yang ada. Sehingga persaingan mendapatkan siswa akan berkembang disekolah negeri dan swasta. Dalam persaingan yang sehat, yang berkualitaslah yang akan bertahan.”

Dari sisi kebijakan, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 tentang Pedoman Pendirian, Perubahan dan Penutupan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, menetapkan persyaratan-persyaratan tertentu, salah satunya adalah luas lahan. Untuk sekolah dasar minimal memiliki luas lahan atau memiliki luas bangunan gedung 1.340 meter persegi.

Usai menyaksikan ekpose, kadisdik meninjau sarana pra sarana yang ada di SDIT Thafizh Sabilul Qur’an, didampingi Kabid Pembinaan Dikdas, Drs. H.M. UU Suhaemi, Pengurus Yayasan dan perwakilan Dewan Pendidikan Kota Cirebon, Prof. Adang. Dilanjutkan mengunjungi SD Peradaban Global Qur’an yang beralamat di Jl. Melati No. 55 RT/RW : 01/05, Kesambi Baru yang dipimpin oleh Abu Hidayat, S.Pdi. (Lisy)

KADISDIK HADIRI EKSPOS PENDIRIAN 3 SEKOLAH SWASTA BERBASIS AGAMA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Twitter
Visit Us
Follow Me
YouTube
Instagram