Salam Pramuka ! Satu Pramuka, Satu Indonesia, Satu Suara, NKRI Harga Mati, menggema di lapangan SMPN 1 Kota Cirebon. Seluruh siswa kelas VII akan mengikuti kegiatan alih pangkalan, yang dilepas oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon.

Lilik Agus Darmawan, S.Pd, M.Pd, selaku pembina pramuka dan Kepala SMPN 1 Kota Cirebon melaporkan, kegiatan alih pangkalan itu akan diikuti oleh 320 pramuka siaga dari siswa-siswi kelas VII yang nantinya akan dilantik menjadi pramuka penggalang.

“Kegiatan alih pangkalan ini akan diikuti oleh 320 pramuka siaga terdiri dari 177 putra dan 133 putri kelas VII. Kegiatan ini melibatkan 70 orang pendamping dari kelas VIII dan kelas IX. Selain itu juga akan diikuti oleh kakak Pembina dari guru dan staf TU. Adapun waktu pelaksanaannya selama 3 (tiga) hari, mulai Kamis s.d. Sabtu, 4 s.d. 6 Oktober 2018 bertempat di Bumi Perkemahan Si Domba Kuningan.”

Kepala Dinas Pendidikan dalam sambutannya mengatakan bahwa pramuka adalah salah satu langkah strategis menjawab tantangan pembelajaran abad 21 terutama dari aspek penguatan pendidikan karakter.

“Pramuka sebagai salah satu langkah strategis untuk menjawab tantangan pembelajaran  abad 21 terutama dari aspek penguatan pendidikan karakter. Alih pangkalan pramuka penggalang ini merupakan kegiatan luar kelas yang perlu mendapat pendampingan dari para pelatih pramuka dan kakak pembina. Seluruh rombongan harus memperhatikan dan mengikuti ketentuan yang diatur dalam rencana kegiatan”, ungkapnya.

Pada kesempatan itu kadisdik juga mengucapkan selamat kepada para siswa dan siswi kelas VII yang sudah diterima di SMPN 1 Kota Cirebon. Ucapan yang sama ditujukan pula kepada panitia PPDB yang secara konsisten mengikuti ketentuan sebagaimana tercantum dalam Peraturan Wali Kota Cirebon Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

“Selamat kepada para siswa kelas VII yang telah diterima di SMPN 1 Kota Cirebon. Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia PPDB yang telah konsisten menjalankan ketentuan PPDB sesuai dengan Peraturan Wali Kota Cirebon.”

Diakhir sambutannya, kadisdik berharap agar seluruh peserta didik menjadi anak-anak yang cerdas dan berkarakter, menjungung tinggi integritas serta berkepribadian luhur. Terlebih lagi sebagai pramuka bukan hanya sekedar dituntut untuk menghafalkan dasa dharma pramuka, tetapi lebih dari itu, pramuka harus mampu melaksanakan dasa dharma tersebut dalam kehidupan sehari-hari. (Lisy)

ALIH PANGKALAN, PRAMUKA PENGGALANG SMPN 1 KOTA CIREBON

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Twitter
Visit Us
Follow Me
YouTube
Instagram