Dikutip dari pernyataan yang disampaikan oleh guru PAI SDN Mega Eltra, Wiwi Wihartini, M.Pd sesaat setelah melaksanakan sholat dhuha bersama dengan para guru dan siswa. Guru pembimbing kerohanian ini juga menyampaikan bahwa banyak sekali yang dapat diupayakan oleh pihak sekolah agar siswa memiliki jiwa dan rohani yang sehat dengan keimanan dan ketakwaan yang melekat pada diri anak, salah satunya melalui pembiasaan sholat dhuha bersama ini.

“Pembiasaan sholat dhuha bersama adalah salah satu upaya positif yang dilakukan sekolah untuk mengoptimalkan output mental siswa yang berbudaya karakter. Ibu dan sekolah mengharapkan kegiatan rutin sholat dhuha bersama ini dapat menumbuhkan karakter yang baik pada diri anak-anak semua. Selain itu juga, diharapkan hati dan pikiran anak-anak dihiasi dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.” tutur guru PAI itu, selasa (25/9).

Pembisaan sholat dhuha bersama ini sudah berjalan dua tahun terakhir. Bedanya, tahun lalu belum berjalan secara optimal. Untuk awal tahun ajaran baru ini sudah terprogram. Pelaksanaannya setiap hari selasa sampai dengan hari jumat selama lima belas menit sebelum jam masuk sekolah.

Ditemui diruangannya, kepala SDN Mega Eltra, Abdul Kadir, S.Pd mengatakan bahwa pembiasaan sholat dhuha bersama ini akan terus diprogramkan. Selain karena kegiatan ini sejalan dengan visi dan misi sekolah, juga terbukti membawa dampak positif bagi peserta didik. Sehingga program sholat dhuha bersama ini didukung oleh kepala sekolah dan para guru, orang tua siswa dan komite sekolah.

“Pembiasaan sholat dhuha bersama ini akan terus diprogramkan karena hal tersebut sesuai dengan visi dan misi sekolah, juga berdampak postif bagi peserta didik. Diantaranya anak-anak jadi lebih disiplin datang tepat waktu ke sekolah. Sehingga meskipun sedang melaksanakan ujian tengah semester, sholat dhuha bersama ini tetap berlangsung. Lebih dari itu kami berharap sholat dhuha ini dapat mempengaruhi segenap pikiran, perilaku dan budi pekerti siswa baik didalam maupun diluar sekolah”, ungkapnya. (Yunus-SDNME)

Menumbuhkan Karakter dan Mental Siswa Lewat Shalat Dhuha Bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram