Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Drs. H. Jaja Sulaeman bersama dengan Kepala Seksi Informasi dan Kemitraan PP PAUD-Dikmas Jawa Barat, Dr. Hj. Liza Hanurani melakukan supervisi pada Satuan Pendidikan PAUD-Dikmas di Kota Cirebon. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (20/9) bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Cirebon. Kadisdik mengatakan bahwa pihaknya terus mendorong peningkatan mutu layanan pendidikan PAUD-Dikmas dengan mengacu kepada 8 Standar Nasional Pendidikan.

Kedelapan standar pendidikan itu adalah standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian. Salah satu tolak ukur yang digunakan untuk mengukur pelaksanaan 8 standar itu adalah melalui akreditasi lembaga.

“Sejak beberapa tahun kebelakang akreditasi lembaga PAUD-Dikmas terus ditingkatkan. Upaya pembinaan berkelanjutan telah dilakukan oleh penilik sebagai kepanjangtanganan Dinas Pendidikan. Pembinaan juga dilakukan oleh PP PAUD-Dikmas selaku instansi Pembina PAUD-Dikmas ditingkat pusat, salah satunya melalui kegiatan supervisi ini” ungkap kadisdik saat membuka acara tersebut.

Kadisdik juga memaparkan perkembangan PAUD-Dikmas di Kota Cirebon yang masih harus ditingkatkan. Dari 214 satuan PAUD-Dikmas sebanyak 57 lembaga telah terakreditasi, 18 lembaga dalam proses penilaian dan sudah divisitasi. Tersisa 139 lembaga yang belum diakreditasi.

“Selain itu Angka partisipasi PAUD masih dibawah 50%, sehingga perlu intervensi dari Pemerintah Daerah Kota Cirebon untuk mendongkrak perkembangan PAUD. Hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa kewenangan pemerintah daerah bidang pendidikan khususnya pendidikan non formal adalah PAUD, PKBM, LKP, SKB dan Satuan PNF sejenis”, imbuhnya.

 

 

Usai membuka acara, Kadisdik melakukan sesi foto bersama dengan Kepala Seksi Informasi dan Kemitraan PP PAUD-Dikmas Jawa Barat, Dr. Hj. Liza Hanurani. Bersama mereka tampak juga Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Bidang Pembinaan PAUD-PNF, Sundusiah, S.Pd, MM.,  dan Koordinator Penilik, Drs. Joko Pratama serta peserta supervisi dari beberapa satuan PAUD-PNF.

SUPERVISI SATUAN PAUD-DIKMAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram