Hari berganti hari dan bulan pun berganti bulan. Tidak terasa pergantian tahun sudah kita jumpai lagi, Rasanya sangat cepat waktu telah berlalu. Semakin bertambahnya waktu, semakin bertambah pula usia kita. Begitupun usia kota kita, Cirebon! Tepat pada 1 Muharam kota kita tercinta berulang tahun ke-649. Dengan bertambahnya usia, perlu kita sadari pula akan mendekatkan kita dengan kematian dan alam akhirat.

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H merupakan momentum yang tepat bagi umat islam untuk kembali merajut tali persaudaraan dan persatuan. Tak hanya dengan kalangan umat Islam tapi seluruh komponen bangsa. Tak terasa pula sudah terlewati 10 hari di bulan Muharam ini. Sebelum bulan berganti, takada salahnya untuk mengingat kembali beberapa keutamaan bulan Muharam, diantaranya adalah Puasa Assyura’ di hari ke-10 karena merupakan hari yang sangat dijaga keutamannya oleh Rasulullah. Sebagai informasi tambahan Puasa Asyura’ ini adalah merupakan kewajiban puasa pertama dalam islam, sebelum puasa Ramadhan. (sumber : www.nu.or.id)

Amalan yang lain yang dianjurkan lebih banyak dilakukan pada bulan Muharam adalah memperbanyak amalan shaleh. Kedatangan bulan Muharam juga menandai kebahagiaan bagi kaum dhuafa. Pada bulan ini, umat Islam disunahkan untuk memperbanyak sedekah dan menyantuni anak yatim.

Hal ini sejalan dengan penerapan pendidikan karakter bagi siswa-siswi di SMP Negeri 12 Kota Cirebon dalam hal kebersamaan, kepedulian terhadap sesama, dan ketaatan beragama. Tepat di tanggal 10 Muharam 1440H atau bertepatan dengan tanggal 20 September 2018, SMP Negeri 12 Kota Cirebon mengadakan kegiatan shodaqoh dan pemberian bingkisan kepada 55 orang siswa yatim piatu. Acara tersebut telah diagendakan sejak menjelang bulan Muharam. Siswa-siswi dilibatkan untuk dapat menyisihkan uang jajan mereka guna membantu kawan mereka yang kurang beruntung. Seperti yang dikatakan kepala sekolah, Ibu Iis Nur’aeni, S.Pd, M.Pd.I “Pengumpulan dana ini sifatnya tidak memaksa, siswa dibebaskan untuk menyisihkan uang jajan semampu mereka.” Selain siswa, Guru dan Staff tata usaha juga dilibatkan untuk dapat menyumbangkan sebagian rizkinya dalam kegiatan ini.

Peringatan bulan Muharrom ini diadakan untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP Negeri 12 Kota Cirebon agar dapat lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan pada pagi hari setelah kegiatan rutin yang menjadi salah satu program unggulan “One Day 21 Ayat” di SMP Negeri 12 Kota Cirebon.

Siswa-siswi yang sudah didata oleh wali kelas masing-masing dipanggil ke depan lapangan untuk diberikan bingkisan, santunan, serta motivasi positif untuk tetap rajin belajar, semangat berprestasi, dan tetap peduli terhadap sesama.

Dalam rangka kepedulian kepada sesama pun SMP Negeri 12 menjalin kerja sama dengan dunia usaha yaitu Hotel Zamrud Grup. Mereka akan memberikan santunan serta bingkisan sembako kepada 90 anak yatim piatu dan dhuafa bagi warga masyarakat sekitar yang akan dilaksanakan pada hari  Jumat 21 September 2018.

Semoga di momentum Tahun Baru Islam dan Ulang Tahun Kota Cirebon ini kita bisa bersama-sama menjaga tali persaudaraan, kepedulian terhadap sesama, dan menjaga persatuan kesatuan dalam konteks berbangsa serta pembentukan karakter bagi peserta didik kita. (@ryuurevoir -SMP N 12 Crb/AR)

Bulan Muharam, Belajar Peduli dan Berbagi
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram