HARJAMUKTI – Pada Hari ini, Rabu (19/9), SMP Negeri 12 Kota Cirebon mendapat kehormatan untuk didengarkan aspirasinya oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon H. Jaja Sulaeman, M.Pd, kunjungan ini merupakan lanjutan atas kedatangan sebelumnya dalam program rutin setiap Senin pagi saat Upacara Bendera di sekolah-sekolah yang ada di Cirebon.

Pada kesempatan kali ini, Kepala Dinas Pendidikan beserta Sekretaris Dinas Pendidikan Drs. H. Adin Imaduddin Nur, serta Pengawas Pembina SMP Negeri 12 Kota Cirebon Drs. M. Taufik menekankan tentang bagaimana penerapan 8 standard mutu pendidikan serta kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil dan ASN tentang hari kerja dan jam kerja pegawai di lingkungan pemerintahan kota Cirebon berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 12 tahun 2018.

 

Untuk mutu pendidikannya sendiri, Kepala Dinas juga mengharapkan untuk selalu update dengan perkembangan kompetensi dasar dari semua media, karena Dinas Pendidikan dan Kementerian akan selalu memantau perkembangan mutu pendidikan di SMPN12. Selain itu pula, harus ada keselarasan bagi guru untuk terus melakukan peningkatan metode sesuai dengan perkembangan anak masa sekarang. Hal ini harus berbanding lurus dengan profesionalisme guru sebagai tenaga pendidik yang sudah diberikan tunjangan serta penghargaan sesuai dengan tupoksi-nya.

 

Selain guru, staf juga harus mendukung jalannya sekolah. Peran operator juga tidak bisa diremehkan karena merupakan ujung tombak segala pelaporan/usulan berbasis data. Dalam aspek pengamalan standar proses pelaksanaan sekolah pun tetap harus memenuhi syarat agar segala kegiatan dan pembiayaan dapat sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan kementrian. Termasuk ketepatan absen sidik jari yang telah terkoneksi langsung ke database pusat dan tentu berhubungan dengan kedisiplinan pegawai di SMP Negeri 12 Kota Cirebon. Dukungan dan perkembangan dari guru dan staff pendidik juga bisa jadi tolak ukur kemajuan Dinas Pendidikan. Pesan beliau, “Tetap bina kebersamaan dengan mengolaborasikan 8 standar pendidikan dan peraturan yang berlaku untuk pengembangan kompetensi pengajar maupun siswa”.

 

Pada kunjungan kali ini, Kepala Dinas menyampaikan bahwa setelah beberapa waktu tidak berkunjung ke SMP Negeri 12, keadaan fisik sudah mulai terlihat dengan signifikan. Ini menunjukkan bahwa ada perkembangan yang terus berjalan–pelan namun pasti, dan sudah mulai terlihat hasilnya. Kepala Dinas juga sangat mengharapkan tidak hanya perubahan fisik namun perubahan mental, budaya dan etos kerja. Dengan demikian, hasil yang diharapkan dapat segera terlihat. Tentu saja dengan tidak meninggalkan ke ke-khas-an SMP Negeri 12 Cirebon, yang berada di pinggir kota namun memiliki historical daerah yang kuat. Diharapkan pula seluruh steak holder yang terkait dapat memiliki daya juang yang kuat dan gigih seperti Pangeran Surya Neggala.

 

Tak lupa Kadis mengucapkan terimakasih untuk segala kerja sama dan perubahan secara terus menerus, baik secara fisik sekolah maupun budaya dan etos kerja. Seperti kata pepatah, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Maka mari tingkatkan kedisiplinan berbasis kinerja demi profesionalisme PNS dan Tenaga Honorer yang pastinya akan berpengaruh pada kualiatas lulusan sekolah, ujarnya dalam kesempatan tersebut.

 

Pesan terakhir dari kepala Dinas Pendidikan, sekolah harus dapat mengakomodir prestasi siswa tak hanya bidang akademik, tapi juga dalam bidang non-akademik serta selalu menyisipkan pendidikan karakter dalam setiap proses pembelajaran selama siswa berada di lingkungan sekolah baik di dalam kelas maupun diluar kelas, baik dalam jam belajar maupun saat istirahat atau ekstralurikuler.(@ryuurevoir/SMP N 12/AR)

*Perwali No 12 Tahun 2018:
https://drive.google.com/open?id=1Jfms5CRrbQ-jpqRpfVusAGLcTrIW5vhl

Pembinaan Kepala Dinas di SMP Negeri 12 Kota Cirebon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram