Enam sekolah di Kota Cirebon ditetapkan sebagai sekolah berkarakter tahun 2018. Pemilihan ini dilakukan oleh pihak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Keempat sekolah tersebut adalah SDN Kalijaga Permai, SDN Karya Mulya 2, SMPN 4, SMPN 12, SMAN 2 dan SMKN 1 Kota Cirebon.

Secara formal, penandatangan perjanjian kerjasama enam sekolah itu dilakukan di aula Dinas Pendidikan Kota Cirebon pada 26 Juli 2018. Hadir dari utusan Kemdikbud Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang tiga orang. Dari pihak Disdik Kota Cirebon adalah Kabid Dikdas H. M. Uu Suhaemi. Usai MoU, tim Kemdikbud melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah.

Sesuai dengan surat undangan, enam sekolah tersebut ditetapkan sebagai sekolah model rintisan Implementasi Kurikulum dan Pembelajaran Penguatan Pendidikan Karakter. Selain Kota Cirebon kota lainnya yang dipilih sebagai sekolah model serupa adalah Kabupaten Bekasi.

“Perjanjian kerja sama ini pihak mengatur tentang pengembangan perangkat kurikulum dan pembelajaran untuk penguatan implementasi kurikulum dan pembelajaran sesuai konteks daerah,” tulis salah satu isi perjanjian kemdikbud dengan enam sekolah tersebut.

Menurut DR Tatang dari Kemdikbud, secara teknis pembelajaran guru-guru di sekolah harus terintegrasi dengan pendidikan karakter. Nilai-nilai karakter harus ada dalam perangkat pembelajaran (RPP). Selama ini antara nilai karakter dengan skenario pembelajaran tidak nyambung.

Sementara itu, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Cirebon H. M. Uu Suhaemi mengatakan, jika perjanjian kerjasama ini merupakan legalitas formal pelaksaan pendidikan karakter. Secara pembiasaan, pendidikan karakter di sekolah sudah berlangsung lama. Karena ruh pendidikan itu terletak pada pendidikan karakter. (PaDE)

ENAM SEKOLAH TERPILIH SEBAGAI SEKOLAH KARAKTER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Twitter
Visit Us
Follow Me
YouTube
Instagram