Proses pembelajaran yang baik memerlukan sekolah yang sehat. Salah satu kriteria sekolah sehat adalah kantin sehat. Dengan kantin sehat, otak dan tubuh anak akan sehat sehingga membantu proses penyerapan ilmu pengetahuan di sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs H Jaja Sulaeman. M.Pd dalam kegiatan Bimbingan Teknis Keamanan Pangan Sekolah di Hotel Bentani Cirebo, Selasa (31/7). Hadir pembicara dari unsur Badan POM, kepala Dinas Kesehatan dan Kwarcab Pramuka Kota Cirebon.

“Ketidakamanan pangan masih banyak ditemukan di lingkungan sekolah. Untuk itu diperlukan sosialisasi keamanan pangan di lingkungan sekolah, khususnya kepada guru, agar dapat diiformasikan pada siswa,” tutur Kadisdik di depan para peserta dari kalangan kepala sekolah, guru, dan kantin sekolah.

Dalam bintek ini kadisdik menyampaikan materi tentang “Integrasi program keamanan pangan dengan program UKS”. Menurutnya, sumber penyebab pangan tidak aman yaitu mikroba dan bahan kimia berbahaya, dan lainnya.

“Perlu upaya pencegahan ketidakamanan pangan saat pengolahan dan menyajian pangan. Seperti kebersihan dan kesehatan dari penjamah, pemilihan bahan aman, penyimpanan bahan dan pengolahan yang baik, kebersihan peralatan serta air dan lingkungan yang bersih,” jelas kadisdik.

Untuk mengoptimalkan pencegahan ketidakamanan pangan di sekolah perlu integrasi dengan UKS. Kerjasama dengan lintas sektoral dalam mensinergiskan keamanan pangan sekolah dengan UKS. (PaDE)

KANTIN SEHAT SYARAT SEKOLAH SEHAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Twitter
Visit Us
Follow Me
YouTube
Instagram