Menjadi juara adalah mimpi banyak orang setiap kali mengikuti lomba atau pertandingan. Tapi mengetahui trik juara, tak semua orang tahu itu. Lalu apa yang dilakukan dan dimiliki Sandy Kristian Waluyo, siswa SMPK Penabur Kota Cirebon hingga bisa tampil menjadi yang terbaik di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Padang awal Juli lalu?

“Selain memiliki kemampuan yang baik dalam mengerjakan soal-soal, Sandy juga termasuk anak yang gigih dan semangat,” ungkap Kepala Sekolah SMPK Penabur Kota Cirebon yang juga guru pendamping Sandy, ibu Puspa Dewi Handjojo, S.Si. Menurut Puspa, dukungan orangtua juga sangat berpengaruh besar selain dari pihak sekolah.

Sementara itu, ditemui saat istirahat sekolah, Sandy mengaku dirinya sedang mempersiapkan untuk lomba matematika tingkat Internasional di India. Selain mengurus paspor yang akan digunakan saat lomba, dirinya disibukan dengan berbagai latihan soal-soal matematika, baik online maupun offline.

“Kegiatan sehari-hari yang dilakukan selama persiapan ini adalah dengan mengerjakan soal-soal matematika online selama dua jam,” tutur Sandy sambil berharap dirinya bisa tampil maksimal mewakili Kota Cirebon, Jawa Barat dan Indonesia diajang dunia.

Sandy mengakui, semua hasil ini tak lain karena dukungan penuh dari Ayahnya Yadi Waluyo dan Ibu Yeni Husadawati. Anak yang bercita-cita kuliah kedokteran di Universitas Indonesia ini juga memiliki keinginan yang kuat untuk mengikuti ajang lomba bergengsi tingkat Dunia, yakni Japan International Mathematic Competition (JIMC) tahun depan.

Menjadi sebuah kebanggan juga untuk BPK PENABUR Cirebon, yang juga mengirimkan lima siswa untuk berkompetisi di OSN tingkat Nasional. Nama-nama siswa berprestasi selain Sandy adalah Jasper Rex meraih medali emas Matematika tingkat SD, dan William Nathaniel meraih medali perak Biologi tingkat SMA. (Berlian)

CARA SANDY BISA JUARA OSN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Twitter
Visit Us
Follow Me
YouTube
Instagram