Informasi penerimaan siswa baru TK, SD dan SMP di Kota Cirebon mulai ada titik terang. Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui Dinas Pendidikan setempat telah menerbitkan Peraturan Wali Kota Cirebon Nomor 16 Tahun 2018 yang merupakan penjabaran teknis dari Permendikbud No. 14 Tahun 2018 tentang PPDB.

    

“Dasar hukum utama Perwali PPDB adalah Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018. Maka ketentuan sistem zonasi masih berlaku. Namun sistem zonasi PPDB tahun ini ada perbedaan dengan sistem PPDB tahun sebelumnya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs H. Jaja Sulaeman, M.Pd.

Dalam materi slide sosialisasi PPDB tingkat Kota Cirebon disebutkan, dengan sistem zonasi daring (online) dan luring (offline) dibagi menjadi 3 jalur. Jalur tersebut yaitu Zonasi, Prestasi, dan Bencana Sosial dan anak guru, dengan berdasar pada aspek jarak tempat tinggal ke sekolah; usia calon peserta didik baru; dan nilai SHUSBN.

“Untuk jalut zonasi 90% dengan menggunakan zonasi/radius terdekat dari tempat domisili ke sekolah tujuan. Sementara jalur prestasi hanya 5% terdiri akademik dan non Akademik. Sedangkan jalur perpindahan domisili, bencana dan anak guru sebesar 5%,” jelas Kadisdik.

Kadisdik menambahkan, penyebaran 90% zonasi meliputi 60% menggunakan zonasi/radius terdekat dari tempat domisili ke sekolah tujuan. Selanjutnya, Prestasi Dalam Zonasi 10% yaitu Akademik, Non Akademik, Zonasi Kompetitif SHUSBN Kota 15 % dan Perbatasan/Luar Kota, 15 %, yaitu prioritas siswa yang bersekolah di Daerah Kota.

Teknis pendaftaran yang lebih awal adalah jalur prestasi mulai 25 hingga 30 Juni 2018. Seleksi jalur ini dilakukan secara offline oleh lembaga resmi yang membidangi olahraga. Sementara untuk jalur lain mulai dibuka pada 2 – 4 Juli. Khusus jalur zonasi pendaftaran ditutup pada 9 Juli 2018.

“Siswa boleh mendaftar beda jalur asalkan waktunya berbeda, jangan ganda. Untuk pengumuman pun waktunya berbeda. Jalur prestasi pada 2 Juli, pindahan, bencana dan anak guru serta jalur SHUSBN pada 5 Juli dan jalur zonasi diumumkan pada 10 Juli 2018,” ujar kadis berdarah sunda ini.

  

Waktu pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 – 14.00. Setiap calon siswa baru boleh mendaftar di dua pilihan sekolah. Mereka yang dinyatakan lolos agar mendaftar ulang pada 10-14 Juli di sekolah tujuan. Pada 16 Juli siswa baru mulai mengikuti kegiatan awal tahun pelajaran baru 2018/2019. (*)

PENDAFTARAN PPDB MULAI 25 JUNI
Tag pada:

2 gagasan untuk “PENDAFTARAN PPDB MULAI 25 JUNI

  • 21 Juni 2018 pukul 7:49 pm
    Permalink

    Maaf mau tanya, bagaimana jika KK kota tertanggal 11 Januari 2018 pendaftaran lewat jalur yg mana, apakah zonasi terdekat atau Zonasi Kompetitif SHUSBN Kota 15%, atau bagaimana teknisnya?
    Mohon jawabannya, terimakasih.

    Balas
    • 26 Juni 2018 pukul 11:14 am
      Permalink

      Selamat siang ibu Dewi Widyaningsih, terima kasih atas pertanyaannya.
      Bila domisili di kota, misal sd nya di luar kota mau melanjutkan di smp kota maka anak tersebut minta rekomendasi dari sd asal untuk melanjutkan ke kota, kemudian rekomendasi itu dibawa dibawa ke upt pendidikan kecamatan, selanjutnya ke Dinas Pendidikan setempat untuk mendapatkan rekomendasi. Setelah itu baru mendaftar ke Dinas Pendidikan Kota Cirebon sambil membawa persyaratan diantaranya rekomendasi dari dinas pendidikan dimana sekolah asal berada misal dari kabupaten, KK asli dan foto copy, SHUSBN. Pendaftaran melalui jalur kompetitif USHBN luar kota, yang dilaksanakan pada tanggal 2 s.d. 4 Juli 2018 dan pengumumannya pada tanggal 5 Juli 2018. Tempat pendaftaran di Dinas Pendidikan Kota Cirebon. Untuk info lebih jelas silahkan menghubungi panitia PPDB melalui emai : dikdas_disdik.cirebonkota.go.id atau langsung datang ke Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Jl. Brigjen Dharsono By Pass No. 7 Kota Cirebon. Terima kasih.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram