Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd mengikuti Bimbingan Teknis Pengawas Jenjang SD dan SMP yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 24 s.d. 26 Mei 2018 bertempat di Hotel Gumilang Regency, Kota Bandung Jawa Barat.

Hadir sebagai Penanggungjawab Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD), Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon didampingi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs. H. Adin Imaduddin Nur (ketua tim TPMPD) dan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Drs. H. M. UU Suhaemi (sekretaris tim TPMPD). Sementara Koordinator Operator dari Pengawas SD yang hadir adalah Abun Abuhaer, S.Pd, Hj. Sri Hayati, S.Pd, MM, Dra. Hj. Sukemi, Hj. Yeyet Rohyati, M.Pd dan Nining Taswini, M.Pd. Selaku operator sekolah yang ditugaskan hadir dalam kesempatan itu adalah Tedy Rinaldy, SE ( SDN Tirtawinaya II UPT Pendidikan Kec. Lemahwungkuk ), Bakhtiar Azharuddin Sa’adan, S.Pd ( SDN Pegajahan 1 UPT Pendidikan Kecamatan Pekalipan ), Dady Rukmana, S.Pd ( SDN Majasem 1 UPT Pendidikan Kec. Kesambi ), Agi Fajar Nugaha, S.Pd ( SDN Kejaksan UPT Pendidikan Kec. Kejaksan ) dan Maulana Rohim, S.Pd ( SDN Galunggung UPT Pendidikan Kec. Harjamukti ).

Dalam sambutannya pada penutupan Bimtek tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon menyampaikan bahwa : “ TPMPD, pengawas dan operator mempunyai peranan yang penting dalam pengumpulan data capaian mutu pendidikan di satuan pendidikan. Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk menyiapkan petugas koordinator pengumpul data mutu pendidikan untuk memandu satuan pendidikan dalam melaksanakan pengumpulan data mutu pendidikan. Lebih khusus Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai prosedur pengumpulan data, menjelaskan instrumen pengumpulan data mutu pendidikan kepada satuan pendidikan, berinteraksi dengan responden pengumpul data mutu pendidikan, melakukan verifikasi dan validasi data mutu pendidikan, memandu proses pengisian data ke dalam aplikasi pengumpulan data, memahami rapor mutu pendidikan dan pemanfaatannya”.

Materi yang disampaikan pada saat bimtek sangat bermanfaat baik bagi TPMPD, pengawas maupun operator, diantaranya yaitu :

  1. Mekanisme Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2018 ( unduh Materi Bimtek 1 );
  2. Hasil dan Evaluasi Pemetaan Mutu Tahun 2016-2017 ( unduh Materi Bimtek 2) ;
  3. SNP, Indikator Mutu, Rapor Mutu dan Instrumen Pemetaan ( unduh  Materi 3).

 

Selesai Bimtek, tim juga telah menyusun Rencana Tindak Lanjut untuk pemetaan mutu pendidikan tahun 2018 sebagai berikut :

NO KEGIATAN WAKTU

PJ

STRATEGI PELAKSANAAN HASIL
1. Melaporkan hasil kegiatan Bimtek ke Kepala Disdik/Cadin setempat  28 Mei 2018 Pengawas Pendamping ·    Menyampaikan materi hasil bimtek pemetaan mutu pendidikan ·    Memahami materi bimtek pemetaan mutu Pendidikan secara umum
2. Menyosialisasikan tentang pemetaan mutu di lingkungan instansi tempat bertugas  30 Mei 2018 Pengawas Pendamping ·    Menyampaikan materi hasil bimtek pemetaan mutu Pendidikan & Membagi tugas untuk membuat jadwal sosialisasi pemetaan mutu kepada sekolah ·    Memahami materi yang disampaikan tentang pengisian instrumen PMP tahun 2018 & tersusunnya jadwal sosialisasi pemetaan mutu kepada sekolah
3. Menyosialisasikan tentang pemetaan mutu kepada sekolah 04 –  05 Juni 2018 Pengawas Pendamping dan Oprator Pendamping ·    Menyampaikan materi pemetaan mutu Pendidikan.

·    Menjelaskan instrument pmp 2018.

·    Memberikan tutorial penginstalan aplikasi pmp 2018.

·    Memahami materi yang disampaikan oleh pengawas tentang pemetaan mutu Pendidikan.

·    Memahami cara pengisian instrument pmp dengan baik dan benar.

·    Dapat menginstal aplikasi pmp 2018 dengan baik dan benar

4. Melakukan pendampingan pengisian instrumen Pemetaan Mutu ke setiap sekolah binaan 25 Juni sd 31 Juli 2018 Masing-masing pengawas bina dan Oprator Sekolah ·    Masing-masing pengawas bina melakukan monitoring ke setiap sekolah dan melakukan pendampingan pengisian instrumen ·     Permasalahan-permasalahan yang terjadi di setiap sekolah dalam pengisian instrument pmp 2018 dapat terpecahkan dan terselesaikan.
5. Melakukan verifikasi dan validasi hasil pengisian instrumen Pemetaan Mutu  1 s.d 11 Agustus 2018 Masing-masing pengawas bina dan Oprator sekolah ·    Masing-masing pengawas bina memvalidasi dan memverifikasi hasil pengisian instrument pmp 2018 yang telah diisi oleh sekolah. ·     Adanya bukti fisik instrument dari sekolah, untuk dijadikan arsip dan akan dibutuhkan apabila ada monitoring dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.
6 Memastikan seluruh sekolah binaan telah mengirimkan hasil isian data mutu ke server pusat (Monitoring, verifikasi dan validasi pemetaan mutu)  14 s.d 26 Agustus 2018 Masing-masing pengawas bina dan Maulana Rohim, S.Pd. (Koordinator Operator) ·    Masing-masing pengawas bina memonitoring, pengiriman hasil isian data mutu secara continue yang di bantu oleh koordinator operator ·     Instrumen PMP setiap sekolah binaan sudah terinput ke server pusat sesuai dengan jumlah sekolah

Bimbingan Teknis Pengawas Pemetaan Mutu Pendidikan Jenjang SD dan SMP
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Twitter
Visit Us
Follow Me
YouTube
Instagram