Pelaksanaan Upacara Bendera pada hari ini, senin 22 Januari 2018 di Komplek SDN Sunyaragi Kecamatan Kesambi Kota Cirebon dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon yang sekaligus bertindak sebagai Pembina upacara. Dalam amanatnya  Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd selaku Pembina Upacara menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara bendera bukan sekedar acara rutin tiap hari senin, melainkan juga sebagai upaya pembinaan disiplin siswa. Jika di jenjang pendidikan SD siswa sudah disiplin maka di tingkat SMP pun cenderung lebih disiplin. Untuk itu agar bapak dan ibu guru membina anak-anak supaya lebih tertib dalam pelaksanaan upacara. Sebagai warga negara kita harus menghormati lambang-lambang negara seperti bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya, Pancasila dan yang lainnya. Kretifitas pelaksanaan upacara berupa drum band sudah cukup baik, tetapi paduan suara tetap harus ada.

Usai melaksanakan upacara bendera, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon melakukan pembinaan kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan SDN Sunyaragi 1 dan 2 di Ruang Kelas SDN Sunyaragi 2. Acara dibuka oleh Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Kesambi Surip, S.E.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon menyampaikan, bahwa lokasi Komplek SDN Sunyaragi yang berada dipinggir jalan nasional perlu disikapi dengan baik. Tampilkan sekolah yang sehat dan ramah anak. Pada sisi lain kebisingan jalan bisa menggaggu suasana belajar di kelas. Oleh karena itu perlu menanam beberapa tanaman keras yang sesuai sebagai upaya mengurangi kebisingan lalu lintas. Selain itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon juga berpesan agar warga sekolah meningkatkan kinerja dan pengembangan karakter. Kepala sekolah wajib memberikan tauladan kepada guru dan setiap guru wajib memberikan teladan kepada peserta didik. Hal ini sebenarnya sejalan dengan apa yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantoro, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso Tut Wuri Handayani. Ajaran tersebut bisa diterapkan dalam membentuk kedisiplinan peserta didik dan sebagai upaya penguatan pendidikan karakter.

Upacara Bendera dan Pembinaan PTK di Komplek SDN Sunyaragi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram