Dalam rangka mendukung upaya Pemerintah Kota Cirebon untuk mencapai opini WTP atau Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan, Dinas Pendidikan Kota Cirebon telah mengambil langkah diantaranya adalah pelaksanaan Bimbingan Teknis Asset dan Keuangan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada bulan maret tahun 2017 bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Cirebon.  Pada kesempatan itu disosialisasikan Peraturan Daerah Kota Cirebon Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Tim asset Pemerintah Kota Cirebon selaku pemateri menyampaikan tata cara penatausahaan asset mulai dari perencanaan, pengadaan, pencatatan, pelaporan sampai dengan pemeliharaan barang milik daerah. Selain itu disampaikan pula mengenai penatausahaan keuangan tentang bagaimana Perencaan Belanja dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) APBN yang semula RKAS dibuat manual, mulai Tahun Anggaran 2017 RKA BOS APBN diinput ke dalam SIMDA Keuangan hingga menjadi DPA. Sehingga pencatatan dan penatausahaan keuangan lebih tertib, terinci dan terarah.

Setelah pelaksanaan bimbingan teknis penatausahaan BMD, tim asset Dinas Pendidikan Kota Cirebon yaitu Rosanti Dewi, A.Md dan Dwi Wahyu Rahayu selaku pengurus barang dengan dukungan dari para operator sekolah secara intensif bekerja melakukan penatausahaan barang milik daerah.

Penertiban penatausahaan barang milik daerah melalui beberapa tahap diantaranya :

  1. Sosialisasi penginputan asset kedalam Aplikasi Simda BMD;
  2. Desk asset seluruh sekolah per kecamatan;
  3. Rekonsiliasi data KIB A, KIB B, KIB C, KIB D dan KIB E ke seluruh sekolah per kecamatan;
  4. Inventarisasi asset yaitu penelusuran barang-barang dalam kondisi baik, rusak berat dan/atau tidak ditemukan, salah pencatatan asset, bantuan hibah dan barang dalam penguasaan pihak lain;
  5. Pelaporan hasil penataan asset ke Bidang Asset Badan Keuangan Daerah Kota Cirebon.

Upaya tim asset Dinas Pendidikan Kota Cirebon akhirnya terbayarkan dengan diraihnya opini BPK dengan Wajar Tanpa Pengecualian / WTP  pertama kalinya untuk Pemerintah Daerah Kota Cirebon.

Diberbagai kesempatan Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh operator sekolah dan Tim asset Dinas Pendidikan Kota Cirebon yang telah bekerja keras dan kompak sehingga Pemerintah Daerah Kota Cirebon mendapatkan opini WTP di tahun 2017.

Beliau juga menyampaikan bahwa setelah diraihnya opini WTP ini maka Tim Asset Dinas Pendidikan Kota Cirebon harus bisa mempertahankan opini WTP tersebut. Karena diraihnya opini WTP maka pemeriksaan BPK akan lebih detil dan rinci, untuk itu seluruh operator dan tim asset agar tetap menatausahakan asset dengan baik dan benar.

Untuk membangun semangat, kebersamaan dan kekompakan diantara operator sekolah se kota Cirebon, Kepala Sub Bagian Program dan Keuangan Sekretariat Dinas Pendidikan Kota Cirebon Sujana, S.Pd, M.Pd menggagas acara family gathering tim asset Dinas Pendidikan Kota Cirebon. Acara tersebut diselenggarakan pada awal bulan Desember 2017 bertempat di Bumi Perkemahan Sidomba Kuningan dengan jumlah peserta sebanyak 70  orang yang terdiri dari operator sekolah dan panitia dari Dinas Pendidikan Kota Cirebon.

Selamat kepada seluruh operator sekolah dan tim asset atas dedikasi dan loyalitasnya sehingga penatausahaan BMD Dinas Pendidikan Kota Cirebon menjadi lebih baik dan selamat berjuang untuk selalu berpartisipasi mempertahankan opini WTP.

  

 

  

  

 

 

 

Rendesvouz Tim Asset Dinas Pendidikan Kota Cirebon Tahun 2017

Satu gagasan untuk “Rendesvouz Tim Asset Dinas Pendidikan Kota Cirebon Tahun 2017

  • 17 April 2018 pukul 9:28 am
    Permalink

    maju terus tim asset disdik kota cirebon…semangat…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Facebook
Facebook
YouTube
Instagram